SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLOLong weekend kali ini pelaku wisata di Kota Bengawan kembali kebanjiran pesanan. Peningkatan pemesanan akomodasi dan penginapan untuk wisatawan tersebut mencapai 40%.

Pemilik Batari Kencana Tour & Travel, Mirza Ananda, mengatakan aktivitas libur panjang dimulai sejak Jumat (1/11/2013) sore. Menurut dia, sudah banyak tiket pesawat sudah banyak yang ludes terjual akibatnya harga tiket juga mengalami kenaikan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ada pesanan grup untuk ke Jakarta dan Jatim. Kalau untuk keluar kota kebanyakan menggunakan transportasi darat tapi kalau dari luar kota ke Solo biasanya mereka naik pesawat. Oleh karena itu, tiket pesawat untuk Selasa (5/11) sore untuk Solo-Jakarta sudah habis,” ungkap Mirza kepada Solopos.com, Jumat.

Dia menyampaikan kebanyakan yang melakukan liburan ke luar kota adalah keluarga. Mirza menyatakan lebih banyak wisatawan yang datang ke Solo dari pada penduduk Solo yang pergi ke luar kota. Meski banyak wisatawan yang masuk ke Solo, menurut Mirza, saat ini untuk penginapan tidak terlalu sulit.

Namun menurut dia, khusus untuk penduduk Solo yang pergi ke luar kota, pada Senin (4/11) sore kebanyakan sudah kembali. Hal ini karena pada Senin malam ada kirab Malam Satu Sura. Hal yang sama juga dialami pengusaha rental mobil.

Pemilik Ajibon Trans, Aji Atmodiwiryo, menyampaikan pemesanan persewaan mobil meningkat tajam. Pada Sabtu-Selasa (2-5/11) sudah fullbook. Saking banyaknya, dia mengaku sampai harus menolak pesanan karena armada yang tidak ada.

“Kalau armada sudah disewa semua dan ternyata masih ada penyewa lagi, saya mencari tambahan mobil melalui kerja sama dengan pemilik rental lainnya. Tapi saat ini semua rental juga banyak pesanan jadi agak sulit mencari armada tambahan,” kata Aji.

Dia menuturkan delapan mobil kecil (Avanza dan Xenia) serta empat mobil besar (Elf) sudah dipesan semua. Selain itu, masih ada tambahan empat armada untuk mengkaver pesanan sampai Selasa. Menurut dia, tidak hanya masyarakat Solo yang menyewa mobil, tapi tamu hotel yang bekerja sama dengan Ajibon Trans juga ada yang menyewa.

Namun penyewa kebanyakan digunakan ke luar kota, yakni 70% banding 30%. Dia menjelaskan penyewa biasanya ingin piknik ke luar kota seperti ke Jatim, Jogja, dan daerah di pantai utara. Sedangkan untuk penyewa yang berasal dari luar kota, biasanya ingin berkeliling Solo dan melihat kirab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya