[ X ] CLOSE

Libur Panjang, Kursi Pesawat Solo-Jakarta Penuh Hingga Awal Pekan Depan

Libur Panjang, Kursi Pesawat Solo-Jakarta Penuh Hingga Awal Pekan Depan
SOLOPOS.COM - Bandara Adi Soemarmo (Burhan AN/JIBI/Solopos)

Kursi pesawat Jakarta-Solo sudah penuh sejak sepekan terakhir.

Solopos.com, SOLO — Tingkat keterisian (load factor) pesawat selama libur panjang akhir pekan ini meningkat tajam. Beberapa maskapai penerbangan yang membuka rute Jakarta- Solo bahkan mencapai angka load factor hingga 100% dalam sepekan terakhir.

Load factor ini diperkirakan masih akan tinggi tidak hanya saat puncak arus balik, Minggu (18/2/2018), namun hingga beberapa hari di awal pekan depan.

Sales Representatif Citilink Solo, Cahyo Katon, mengatakan kursi pesawat Jakarta-Solo sudah penuh sejak sepekan terakhir. Load factor naik cukup signifikan karena pada hari-hari biasa, rata-rata load factor pesawat Solo-Jakarta atau Jakarta-Solo di Citilink tercatat 82%-83%. Seperti diketahui, Citilink punya empat penerbangan Jakarta-Solo dan sebaliknya setiap harinya.

“Ini arus mudik ya, jadi khusus Jakarta-Solo penuh. Berdasarkan data penjualan tiket kami, arus mudik melalui moda transportasi penerbangan mencapai puncak pada Jumat [16/2/2018]. Kursi pesawat kami penuh sampai Jumat. Sabtu sudah agak longgar, penuh lagi hari Minggu tapi untuk tujuan Solo-Jakarta,” kata Katon, saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat.

Kursi pesawat Citilink saat arus balik atau rute Solo-Jakarta bahkan sudah fully booked hingga Rabu (21/2) pekan depan. “Meskipun ada peningkatan penumpang yang cukup signifikan di libur panjang akhir pekan, tapi kami tidak menambah penerbangan ekstra. Penerbangan ekstra sudah kami optimalkan saat libur panjang akhir tahun baru lalu.”

District Manager Sriwijaya Air Solo, Taufik Sabar, juga menyampaikan load factor pesawat untuk kedatangan Jakarta-Solo full sejak Kamis (15/2) sore, serta selama Jumat-Sabtu ini.

Sementara untuk melayani arus balik, maskapai ini bakal menambah penerbangan ekstra yang dioperasikan Minggu malam pukul 21.40 WIB. “Jadi khusus besok Minggu, jika biasanya kami hanya melayani tiga penerbangan, besok empat penerbangan. Bahkan, pemesanan tiket pesawat Solo-Jakarta ini masih penuh sampai hari Senin. Terutama untuk penerbangan Senin pagi, sudah full semuanya,” kata Taufik.

Dengan momen long weekend ini perusahaan maskapai seperti biasanya menerapkan tarif batas atas. Sriwijaya Air misalnya untuk ekstra flight Minggu malam sebanyak 189 kursi itu semua diberlakukan harga batas atas senilai Rp1,089 juta/penumpang.

Sedangkan untuk Citilink pada Minggu dan Senin harga tiket juga mencapai nilai Rp1 jutaan/penumpang. “Ini harga tertinggi, sesuai subclassis yang tersedia,” umbuh Katon.

Kata Kunci : Imlek 2018 LIBUR IMLEK:


Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago