SOLOPOS.COM - Kepadatan lalu lintas di Jl. Jend. Sudirman, Solo, Senin (12/12/2016) siang. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Arus lalu lintas di Solo padat pada libur long weekend ini.

Solopos.com, SOLO — Arus lalu lintas di berbagai jalan protokol di Solo padat lancar selama libur akhir pekan plus peringatan Maulud Nabi SAW, Sabtu-Senin (10-12/12/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Sri Baskoro, menyebut hanya Jl. Jenderal Sudirman yang terpantau macet parah. Dishubkominfo sampai harus mengerahkan petugas untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Jl. Jend. Sudirman.

“Saya memantau langsung di jalan dan lewat CC-Room [Central Control Room] di kantor Dishubkominfo. Lalu lintas di Solo pada libur panjang kali ini tergolong landai. Sementara yang krusial berada di Jl. Jend. Soedirman,” kata Sri Baskoro saat dimintai informasi soal kepadatan lalu lintas, Senin siang.

Sri Baskoro membeberkan beberapa wilayah di Solo, seperti Nonongan, Kerten, Baron, Pasar Gede, Faroka, Gading, termasuk Singosaren dalam tiga hari terakhir arus lalu lintasnya terpantau landai. Menurut dia, kemacetan memang kerap terjadi hanya di Jl. Jend. Sudirman.

Sri Baskoro tidak menampik kemacetan arus lalu lintas di Jl. Jend. Sudirman lantaran banyaknya pengendara yang akan menuju ke Keraton Solo, Alun-alun Utara (Alut), dan Benteng Vastenburg.

“Arus lalu lintas di beberapa wilayah yang kami pantau tergolong landai. Hanya di Jl. Jend. Sudirman yang krusial. Kemacetan arus lalu lintas dipicu keberadaan pedagang di city walk Jl. Pakubuwono dan jalan seputaran Alut. Kondisi itu diperparah dengan aktivitas wahana permainan di halaman Benteng Vastenburg. Banyak kendaraan yang keluar masuk halaman benteng sehingga menghambat laju kendaraan di Jl. Jend. Sudirman yang sebenarnya sudah termasuk padat,” jelas Sri Baskoro.

Sri Baskoro menyarankan masyarakat yang akan menuju ke lokasi wisata, khususnya Keraton Solo untuk rela berjalan kaki terlebih dahulu. Kendaraan bisa diparkir di Taman Parkir Loji Wetan.

Pantauan , Senin sekitar pukul 13.15, WIB, Jl. Jend. Sudirman macet, terutama dari arah utara ke selatan. Kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melaju lancar. Banyaknya pejalan kaki dan kendaraan yang keluar masuk halaman Benteng Vastenburg memengatuhi kemacetan Jl. Jend. Sudirman.

Selain itu, kendaraan juga tertahan saat hendak masuk Jl. Pakubuwono yang telah dipadati pedagang Sekaten. Beberapa kendaraan yang akan menuju ke arah selatan memilih belok melintasi Jl. Mayor Sunaryo. Namun, kendaraan yang melewati kawasan Galabo tersebut juga tertahan macet. Kondisi arus lalu lintas di Jl. Kapten Mulyadi tergolong padat.

Sementara itu, Jl. Slamet Riyadi tergolong ramai lancar. Kondisi serupa ditemui di Jl. Dr. Radjiman dan Jl. Ir. Juanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya