SOLOPOS.COM - Ilustrasi transportasi kereta api Batara Kresna (Dok Solopos)

Solopos.com, SOLO–PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI/Yogyakarta menambah satu rangkaian kereta api (KA) pada beberapa KA tujuan Jakarta dan Surabaya karena load factor mencapai 100% pada Senin (31/3/2014) hingga Selasa (1/4/2014).

Beberapa KA yang dimaksud adalah KA Argo Lawu tujuan Stasiun Solo Balapan-Jakarta dan Stasiun Jogja-Jakarta dari tujuh rangkaian menjadi delapan rangkaian, KA Argo Dwipangga tujuan Stasiun Solo Balapan-Jakarta dan Stasiun Jogja-Jakarta dari tujuh rangkaian menjadi delapan rangkaian, dan KA Sancaka Sore tujuan Stasiun Jogja-Surabaya dari empat rangkaian menjadi lima rangkaian.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Manager Humas PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Bambang Setiyo Prayitno, mengatakan kebijakan diambil untuk memenuhi permintaan pasar. Bambang memaparkan data load factor KA tujuan Stasiun Solo Balapan-Jakarta, Solo Balapan-Bandung, Jogja-Jakarta dan Jogja-Surabaya mencapai 100% pada Senin (31/3) dan Selasa (1/4). Sedangkan load factor pada Rabu (2/4) dan seterusnya sekitar 60%-95%.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami menambah rangkaian pada beberapa KA. Hari terakhir long weekend atau libur Nyepi. Data load factor yang diambil pada Senin (31/3)
hingga pukul 12.00 WIB menyebutkan tiket terjual habis sejak Senin (31/3) hingga Selasa (1/4). Posisi online running rata-rata load factor mencapai 100%,” kata Bambang melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Senin (31/3).

Bambang memprediksi tiket pada Senin dan Selasa terjual habis karena arus balik seusai libur panjang sejak Sabtu-Senin (29-31/3). Namun
Bambang memastikan PT. KAI membatasi tingkat keterisian penumpang hanya 100% atau sesuai jumlah tempat duduk. Bambang beralasan PT. KAI
ingin memberikan pelayanan maksimal terkait kenyamanan, keamanan dan kesehatan selama perjalanan.

“Kami membatasi kapasitas angkut seluruh KA hanya 100% atau sesuai jumlah tempat duduk. Permintaan tinggi karena Jogja dan Solo destinasi
wisata. Selain itu masyarakat Jogja, Solo dan sekitarnya juga memanfaatkan libur panjang ke Jakarta, Bandung dan Surabaya,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya