SOLOPOS.COM - ilustrasi (trisanggaraya.com)

ilustrasi (trisanggaraya.com)

JOGJA—Sejumlah desa wisata di Jogja meraup untung hingga ratusan juta rupiah selama libur panjang peringatan Kenaikan Isa Al Masih tahun ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Karang Tengah, Imogiri, Bantul Pargianto, Jumat (18/5) mengatakan, ratusan wisatawan telah berkunjung ke Karang Tengah dan sebagian lainnya sudah memesan tempat untuk beberapa hari ke depan hingga 20 Mei.

Menurut dia, beberapa hari lalu sebanyak 325 wisatawan sudah menginap di home stay Karang Tengah, sementara sebanyak 70 orang wisatawan mancanegara asal Jepang juga berkunjung meski tak menginap.

Itu belum termasuk pemesanan tempat untuk beberapa hari ke depan. Di antaranya dari UGM sebanyak 450 orang untuk kegiatan penanaman pohon dan dari salah satu SMA di Jawa Barat sebanyak 425 orang menginap.

Paket menginap dan berwisata yang disediakan beragam. Ada yang dibanderol Rp150.000 per orang ada pula yang mencapai Rp200.000.

“Dari Jawa Barat itu dari Subang, sudah pesan sepertinya akan datang dalam beberapa hari ini,” kata Pargianto.

Bila ditotal uang yang masuk ke Desa Wisata Karang Tengah selama liburan ini mencapai hingga Rp150 juta lebih. Itu belum termasuk penjualan barang kerajinan seperti batik kayu, souvenir, batik tulis di lokasi wisata yang juga mencapai jutaan rupiah. “Untuk yang belanja kira-kira Rp10 juta,” ujarnya.

Tak hanya Desa Wisata Karang Tengah di Bantul,di Sleman Desa Wisata Ledok Sambi Kecamatan Pakem juga meraup untung dari libur panjang kali ini.

Idung, pengelola desa wisata setempat mengatakan, di hari-hari awal libur saja, pengunjung yang datang mencapai puluhan orang belum nanti puncaknya pada Sabtu atau Minggu. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya