SOLOPOS.COM - Ilustrasi mal ANTARA FOTO/Aji Styawan/pras.

Solopos.com, SOLO -- Jumlah pengunjung pusat perbelanjaan modern atau mal Soloraya tak banyak berubah meski ada Natal dan libur panjang akhir pekan ini.

Hal ini lantaran adanya pembatasan dan pengetatan aturan bagi para pemudik dan kriteria pengunjung khususnya Kota Solo.  Pemudik yang naik kereta api (KA) dan pesawat terbang wajib mengantongi tes cepat antigen dengan hasil negatif.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain itu, ada SE Wali Kota Solo Nomor 067/3205 Tahun 2020. Seusai aturan ini, anak usia 15 tahun ke bawah, ibu hamil, dan orang lanjut usia dilarang masuk pasar tradisional, toko modern, pusat perbelanjaan, tempat wisata, dan tempat bermain.

Covid-19 Klaten Tambah 146 Kasus Sehari, 13 Orang Meninggal

Chief Marcom Solo Paragon Mall, Veronica Lahji, mengatakan tak ada kenaikan signifikan jumlah pengunjung pada salah satu mal Soloraya itu pada momen Natal dan libur panjang ini. Menurutnya, ini lantaran adanya berbagai aturan ketat soal pemudik dan pengunjung yang boleh masuk mal.

“Pengunjung landai. Iya, aturan untuk pemudik yang cukup ketat tambah SE wali kota soal pembatasan usia. SE-nya tidak memperbolehkan anak-anak 15 tahun ke bawah masuk mal. Begitu pula ibu hamil dan orang lanjut usia,” ujarnya yang juga Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBBI) Solo tersebut, Jumat (25/12/2020).

Sebelumnya, saat anak-anak 5 tahun ke atas boleh masuk mal, angka kunjungan sempat naik 100% saat akhir pekan, yakni dari 4.000 menjadi 8.000 orang. Namun demikian, trafik ini menurun menjadi sekitar 4.000 sampai 6.000 pengunjung.

3 Orang Meninggal, Kebakaran Indekos Gembongan Kartasura Diduga Karena Mesin Motor Dipanasi

Protokol Kesehatan

Pada sisi lain, ia menggarisbawahi penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 mal dan pusat perbelanjaan modern Soloraya, termasuk pada libur panjang akhir tahun ini. Misalnya, kebersihan area publik, penyemprotan disinfektan, pembersihan handrail rutin, hingga pengecekan suhu tubuh di titik keluar masuk pengunjung.

Public Relation The Park Mall, Christina Tri Mawarti, menambahkan banyak tenant berharap momen libur Natal ini menjadi peluang besar untuk pemasukan mereka. Namun demikian, trafik pengunjung mal masih landai.

“Kami berharap trafik pengunjung yang masuk tinggi sehingga angka buying juga naik. Sektor food and beverages dan arena permainan anak-anak cukup ramai. Mudah-mudahan akhir pekan ini makin banyak pengunjungnya,” ungkapnya.

Kebakaran Indekos Gembongan Kartasura, Begini Posisi 3 Korban Meninggal Saat Kejadian

Selain itu, manajemen mempercantik mal di Soloraya ini dengan ornamen Natal supaya kian menarik pengunjung pada masa libur panjang. Salah satunya dengan membuat pohon Natal kecil sekaligus sebagai spot swafoto bagi pengunjung.

“Kalau tahun ini kami bikin pohon Natal kecil-kecil dari gelas plastik. Pembuatan pohon Natal tersebut dibantu Armey Florist. Ada yang dijual, ada yang untuk spot swafoto bagi pengunjung. Kami letakkan di atrium,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya