SOLOPOS.COM - Suasana Jl.Slamet Riyadi Solo (ilustrasi/ JIBI/Solopos/dok)

Solo car free day (CFD) ditiadakan selama dua pekan pada libur panjang akhir tahun ini.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meliburkan kegiatan car free day (CFD) di Jl. Slamet Riyadi dan Jl. Ir. Juanda selama dua pekan pada Minggu (25/12/2016) serta Minggu (1/1/2017). Peniadaan ajang bebas kendaraan bermotor selama dua pekan tersebut untuk membantu kelancaran lalu lintas pada libur panjang Hari Natal 2016 serta Tahun Baru 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Sri Baskoro, menyampaikan pekan terakhir 2016 serta awal pekan pertama 2017 diproyeksi terjadi peningkatan kepadatan lalu lintas serta lonjakan penumpang mudik dan balik libur pergantian tahun.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kota Solo ini menjadi destinasi mudik, wisata kuliner, dan belanja. Diproyeksi pergantian tahun nanti ada kenaikan jumlah kendaraan yang melintasi kota. Selain itu, jumlah bus yang masuk ke sini juga akan bertambah menjadi 2.500 bus dengan volume penumpang sehari 15.000 orang,” terang dia saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/12/2016).

Baskoro telah menyiapkan upaya untuk mendukung kelancaran lalu lintas di Kota Bengawan antara lain pengendalian lalu lintas lewat sistem transportasi pintar, penataan parkir, hingga persiapan pengelola Terminal Tirtonadi untuk menyambut penumpang arus mudik maupun arus balik. “Ada 419 personel yang disiagakan selama libur panjang pergantian tahun,” jelas dia.

Terkait sejumlah kawasan rawan kemacetan lalu lintas, dia memprediksi sejumlah lokasi antara lain perlintasan sebidang Kota Solo, Jl. Kapten Mulyadi, Jl. dr. Radjiman, seputar Alun-alun Utara, Jl. Ahmad Yani, kawasan wisata belanja, kuliner, mal, serta gereja berpotensi terjadi peningkatan volume kendaraan.

Dia mengimbau kepada pengguna jalan untuk meningkatkan kewaspadaan berkendara terutama memasuki masa libur panjang akhir tahun pada pekan terakhir Desember 2016. “Beberapa jalan yang rawan kecelakaan berdasarkan pantauan kami ada di Jl. Adisucipto, simpang Pemuda sampai ringroad, Jl. Ir. Sutami, Jl. Kol. Sugiyono, serta Jl. Bhayangkara. Kami minta pengendara berhati-hati,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya