SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati wahana tubing di Kali Pucung, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, saat libur Hari Raya Nyepi pada Kamis (3/3/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani) 

Solopos.com, KARANGANYAR—Kawasan wisata alam kaki Gunung Lawu di Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, dibanjiri pengunjung saat libur Hari Raya Nyepi pada Kamis (3/3/2022). Pengunjung datang dari berbagai daerah di luar Soloraya.

Keramaian pengunjung seperti terlihat di kawasan wisata Kali Pucung. Wisata air ini dibanjiri pengunjung sejak pagi hari.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketua Pengelola Wisata Kali Pucung Kemuning, Agus Suparno, mengatakan jumlah pengunjung yang telah melakukan reservasi (pemesanan) pada libur Hari Raya Nyepi sebanyak 600 orang. Reservasi datang dari warga Demak, Rembang, Pacitan dan lainnya.  “Hari ini cukup ramai pengunjung. Mereka datang dari berbagai daerah,” kata dia ketika dijumpai Solopos.com, Kamis.

Baca Juga: Ada Mini Zoo di Kemuning Karanganyar Lo, Kamu Sudah Pernah Lihat?

Wisata Kali Pucung menyediakan berbagai wahana seperti tubing, permainan ATV, jelajah Kemuning dengan menggunakan mobil jip serta kereta wisata. Untuk wahana tubing pengunjung menikmati derasnya aliran air bekas irigasi pengolahan teh.

Pengunjung dibanderol dengan tarif Rp30.000 per orang. Selain itu pengunjung bisa menikmati wahana ATV dengan tarif Rp50.000 per 10 menit. Sedangkan wisata kereta setiap pengunjung dikenakan tarif Rp10.000 per orang.

Tak hanya itu pengunjung juga bisa menikmati sensasi naik mobil jip dengan medan pegunungan. Untuk naik mobil jip ini pengelola mematok tarif Rp350.000 sampai Rp600.000.

Baca Juga: Ini Tanda-Tanda Akan Turun Hujan Es Seperti di Kemuning Menurut BMKG

Rute naik jip ini dari Kali Pucung, Bumi Perkemahan, Bukit Paralayang hingga Candi  Cetho, Bukit Teletubies. Pengunjung juga bisa menikmati sensasi offroad di Kebun Karet Jimber. “Untuk rute short Rp350.000, medium Rp450.000 dan rute long Rp600.000. Satu mobil jeep ini bisa digunakan untuk empat orang,” kata Agus.

Pengunjung asal Jepara, Rustanti, mengatakan datang bersama rombongan menikmati wisata di Kali Pucung. Dia menikmati wahana tubing yang ada di Kali Pucung. “Asyik sekali bisa tubing dan bersenang-senang,” katanya.

 

Polisi Patroli

Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo,  mengatakan menerjunkan petugas memantau kawasan wisata saat libur Hari Raya Nyepi. Selain itu Polres Karanganyar juga menempatkan personel untuk melakukan pengamanan di pura yang dipergunakan untuk kegiatan perayaan Nyepi 2022.  “Petugas juga melakukan kegiatan imbauan taat protokol kesehatan pengaturan lalu lintas di jalur wisata,” kata Kapolres.

Baca Juga: Tawur Kesanga di Ngargoyoso Karanganyar, Wisuda Bumi Menjelang Nyepi

Polres Karanganyar menjamin kelancaran ibadah perayaan Hari Raya Nyepi di wilayah Karanganyar sehingga berjalan aman dan damai. Selain memberikan pelayanan di tempat ibadah, anggota Polres Karanganyar juga melakukan patroli di tempat wisata serta memberikan pelayanan di jalur wisata agar tidak terjadi kemacetan.

“Masyarakat yang beribadah di pura dapat melaksanakan perayaan Nyepi dengan khidmat, tertib dan taat prokes, anggota Polres Karanganyar telah saya arahkan untuk melaksanakan pengamanan guna memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi umat Hindu dalam menjalankan rangkaian Ibadah Nyepi,” kata Kapolres.

Kapolres Karanganyar mengajak seluruh masyarakat untuk mengurangi mobilitas di luar rumah mengingat Karanganyar masih memberlakukan PPKM level 3. Kapolres juga mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol Kesehatan serta melengkapi vaksinasi sampai vaksin dosis 3 atau booster.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya