SOLOPOS.COM - Suasana Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Minggu (3/1/2021). (Solopos.com/M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI -- Puncak arus balik pemudik pada Libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru di Terminal Giri Adipura Wonogiri terjadi pada Minggu (3/1/2021). Kini, jumlah penumpang bus di terminal itu berangsur normal kembali.

Berdasarkan data produksi terminal Giri Adipura Wonogiri, pada Minggu, jumlah penumpang keberangkatan mencapai 4.754 orang. Jumlah itu menjadi rekor penumpang keberangkatan terbanyak dalam satu hari selama masa pandemi Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penumpang keberangkatan itu rata-rata mempunyai tujuan ke wilayah Jabodetabek dan Bandung. Adapun jumlah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang beroperasi pada Minggu, sebanyak 189 unit.

Tak Cuma Objek Wisata, PKL Alun-Alun Wonogiri Juga belum Boleh Beroperasi

Lonjakan penumpang keberangkatan sudah terjadi sejak Jumat (1/1/2021). Pada hari itu jumlah penumpang sebanyak 1.963 orang dengan jumlah bus sebanyak 120 unit. Pada Sabtu (2/1/2021), jumlah penumpang keberangkatan mencapai 3.999 orang dengan jumlah bus sebanyak 164 unit.

"Sesuai dengan prediksi kemarin. Minggu menjadi puncak arus balik mudik pada Libur Nataru kali ini," kata Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, kepada wartawan, Senin (4/1/2021).

Segera Ditetapkan! Mudik ke Solo Tak Perlu Karantina di STP

Sudah Normal Kembali

Agus mengatakan peningkatan penumpang yang cukup signifikan disebabkan karena libur Nataru telah usai dan saatnya balik ke perantauan. Selain itu, pada hari normal, pada akhir pekan biasanya juga ada peningkatan penumpang meski tidak sebanyak saat libur Nataru.

"Saat ini penumpang sudah normal kembali. Tiket bus di agen tidak sebanyak dua hari kemarin. Namun penumpang keberangkatan juga masih ada," ujar dia.

Kendaraan Bermotor Parkir di Jalur Sepeda, Langsung Gembok Roda

Meski puncak arus balik sudah terjadi, pihaknya tetap mencatat jumlah penumpang kedatangan maupun keberangkatan. Hal itu menjadi acuan mobilitas warga Wonogiri. Maka kami berharap para penumpang menerapkan protokol kesehatan di bus dan terminal. Mengingat saat ini masih pandemi Covid-19.

"Kita berharap kaum boro selalu diberi kesehatan dan terhindar dari Covid-19," kata Agus.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya