SOLOPOS.COM - Ilustrasi bepergian naik pesawat. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah mendorong maskapai menambah jumlah pesawat hingga menebar promo harga tiket seiring dengan tingkat permintaan angkutan udara yang naik selama periode Natal dan Tahun Baru atau Nataru.

Plt. Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi menuturkan untuk mempersiapkan pertumbuhan permintaan, dia memastikan pengenaan tarif yang terjangkau atau dynamic pricing. “Kami mendorong rekan-rekan maskapai untuk segera merealisasikan peningkatan angkutan udara, baik menambah kapasitas jumlah pesawat maupun menambah rute penerbangan. Kami juga berharap adanya promo-promo yang diberikan oleh maskapai terutama untuk meningkatkan pariwisata,” kata Kristi, Kamis (7/12/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagai informasi, saat ini terdapat 402 unit pesawat yang serviceable dan siap dioperasikan. Selain itu 51 bandara pantauan yang secara perhitungan pergerakan akan ada peningkatan pergerakan pesawat dan penumpang di masa Nataru.

Kristi menuturkan jumlah penumpang untuk transportasi udara diprediksi meningkat sebesar 52,7 persen dibandingkan pada 2021/2022. Pada momen Nataru sebelumnya terdapat 2,37 juta penumpang dan tahun ini diprediksi mencapai 3,62 juta penumpang karena tidak ada pembatasan mobilitas masyarakat.

Pemerintah pun telah menyiapkan enam strategi terkait layanan transportasi udara pada momen Nataru. Strategi tersebut meliputi menjaga dan meningkatkan pemenuhan aspek safety dan security penerbangan serta protokol kesehatan, peningkatan kapasitas angkutan udara, dan menjaga pertumbuhan tingkat permintaan, peningkatan pelayanan penumpang, antisipasi kondisi kahar atau darurat, serta komunikasi efektif dan massif kepada pengguna jasa transportasi udara.

Baca Juga: Dijual Rp32.000/Kg, Mendag: Harga Daging Ayam Terlalu Murah!

Pemerintah juga menambah kapasitas penerbangan maupun mengganti jenis pesawat dengan kapasitas yang lebih besar. Strategi selanjutnya menambah jumlah pesawat, jam operasional bandara, peningkatan utilisasi pesawat/jam utilisasi pesawat, serta meniadakan pekerjaan di sisi udara.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Libur Nataru, Maskapai Diminta Tambah Pesawat dan Promo Harga Tiket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya