SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil laboratorium PCR. (Dok. Solopos.com/ Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, JOGJA — Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja menyiagakan mobil laboratorium di beberapa tempat yang berpotensi memiliki kegiatan padat. Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, hal ini dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Nantinya akan ada tes Covid-19 acak untuk pengunjung.

“Kalau di Malioboro sudah ada sejak beberapa bulan lalu. Mobil laboratorium ini standby setiap hari Sabtu dan Minggu di depan hotel Mutiara,” kata Heroe, Minggu (26/12).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain kawasan Malioboro, pengecekan acak juga akan dilakukan di Alun-Alun Utara dan Alun-Alun Selatan. Dua kawasan itu juga cenderung ramai dalam beberapa kali akhir pekan.

Baca juga: Libur Natal, Belasan Ribu Pengunjung Serbu Parangtritis

Tidak hanya pengecekan acak Covid-19, pemeriksaan acak juga terkait surat vaksin bagi pengunjung atau wisatawan. Dalam penerapannya, Pemkot Jogja bekerja sama dengan TNI dan Polri. Kerja sama ini salah satunya dengan membuat posko dan menerjunkan personel di sepanjang Tugu Pal Putih, Malioboro, hingga Kraton Jogja.

“Para petugas ini nantinya akan membantu agar tidak terjadi kerumunan masa, dan mengingatkan wisatawan agar selau menerapkan protokol kesehatan, terutama pemakaian masker,” kata Heroe.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja, Agus Arif Nugroho mengatakan Area Traffic Control System (ATCS) akan dioptimalkan. Alat ini dapat mengontrol kepadatan lalu lintas dari jarak jauh.

Baca juga: Belum Punya Laboratorium PCR, Gubernur Ganjar Minta Pemkab Batang Bikin

“Terdapat 34 simpang yang sudah terintegrasi dengan ATCS. Simpang-simpang yang telah terintegrasi tersebut adalah simpang yang cukup padat. Dengan pengoptimalan ATCS, kami dapat dengan mudah mengurai kepadatan kendaraan di tiap-tiap simpang,” kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya