SOLOPOS.COM - Suasana Pantai Parangtritis saat hari libur Natal, Sabtu (25/12/2021). (Harian Jogja/Catur Dwi Janati)

Solopos.com, BANTUL – Kunjungan wisatawan di kawasan Pantai Parangtritis alami peningkatan cukul signifikan pada libur Natal 2021. Diprediksi puncak kunjungan wisata bakal terjadi hingga awal Januari 2022.

Koordinator TPR Parangtritis, Rohmat Ridwanto, menjelaskan bila sutuasi peningkatan arus wisatawan memang terjadi akhir pekan ini. “Kalau kita lihat situasinya meningkat ramai, tapi masih dalam kategori landai,” ujar Rohmat, Sabtu (25/12).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Mungkin kita prediksi di awal Januari nanti keramaian puncaknya. Kalau hari-hari ini masih landai biasa,” sambung Rohmat.

Baca juga: Pengumuman! Malam Tahun Baru, Jalan ke Parangtritis Satu Arah

Rata-rata harian jumlah wisatawan di akhir bulan ini yang memasuki TPR sekitar 5000 orang per hari. “Jumat kemarin justru menurun. Mungkin karena faktor cuaca, hujan atau banyak warga yang masih beribadah. Jumlah pengunjung kurang dari 4000 orang,” terangnya.

Namun pada Sabtu siang, atau bertepatan dengan hari libur Natal 2021, jumlah kunjungan di Pantai Parangtritis sudah mencapai 4.500 orang. “Artinya kalau sampai sore diprediksi dua kali lipatnya. Tapi masih jauh dari hari normal,” ungkapnya.

“Kalau hari tanpa pandemi bisa dua kali lipatnya, ini masih separuhnya. Biasanya sebelum pandemi itu bisa 20.000 orang sehari. Karena libur Nataru [Natal dan Tahun Baru] itu campur libur sekolah,” tuturnya.

Berdasarkan data yang diterima Harian Jogja, jaringan Solopos Media Grup, total ada 15.800 wisatawan yang berkunjung ke kawasan Pantai Parangtritis. Sedangkan pada hari Minggu (26/12/2021), jumlah kunjungan wisatawan mengalami peningkatan mencapai 18.850 orang.

Baca juga: Libur Natal, Begini Keramaian Pengunjung Taman Satwa Taru Jurug Solo

Selain Pantai Parangtritis, kunjungan ke pantai lain di sekitar kawasan tersebut juga turut terdongkrak. Tercatat ada sekitar 1.200 orang yang berkunjung ke Pantai Samas, 500 orang di Pantai Baru, 80 orang di Goa Cemara, 150 orang di Kwaru, 200 orang di Selarong, dan 14 orang di Cerme.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya