SOLOPOS.COM - Ilustrasi suasana KRL Jogja-Solo (Espos/Farida Trisnaningtyas)

" class="ii gt">
y" class="a3s aiL ">

Solopos.com, SOLO — Jumlah penumpang KRL Jogja-Solo menurun di tengah suasana pelarangan mudik Lebaran 2021. Operasional KRL Jogja-Solo sendiri tetap normal dengan 20 perjalanan setiap hari sejak  pukul 05.00 hingga 19.10 WIB pada stasiun pemberangkatan awal.

Manager External Relations PT KCI, Adly Hakim, mengatakan pada Mei ini, jumlah penumpang turun hingga separuhnya ketimbang April.  "Momentum lebaran H1 dan H2 penumpang per harinya bahkan tak sampai 4.000 orang,” papar dia kepada Solopos.com, Sabtu (15/5/2021).  Adly mengatakan hari pertama Lebaran pada 13 Mei, terdata 2.000 pengguna. Sedangkan pada hari kedua Lebaran 14 Mei ada 3.532 penumpang. Kemudian pada H-2 Lebaran 3.725 penumpang dan H-1 Lebaran 2.609 penumpang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain KRL Jogja-Solo, kereta lokal Prambanan Ekspres (Prameks) yang melayani relasi Yogyakarta-Kutoarjo juga tetap beroperasi sebanyak delapan perjalanan setiap hari. Layanan perjalanan mulai pukul 05.15 WIB hingga 17.35 WIB. Ia menambahkan jumlah penumpang di tiap gerbong maksimal 74 orang sehingga petugas melakukan pembatasan dengan menghitung penumpang saat akan masuk ke peron di stasiun. “Pengguna KRL kami harapkan adalah mereka yang punya kepentingan mendesak dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Artinya ini adalah tren positif karena masyarakat mematuhi imbauan dengan mengurangi mobilitas,” imbuhnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Adly mengakui penurunan jumlah penumpang membuat jumlah perjalanan KRL berkurang. Animo penumpang turun sejak awal Ramadan. Jika sebelum Ramadan, jumlah pengguna rata-rata mencapai 7.000 per hari turun menjadi 4.000-5.000 penumpang.  “Mungkin karena aktivitas masyarakat mulai berkurang. Pada momentum bulan-bulan sebelumnya sejak kali pertama beroperasi, kami beberapa kali menambah rangkaian perjalanan KRL karena antusiasme masyarakat yang tinggi,” imbuh dia.

Pada Februari-Maret, KCI sempat menambah perjalanan menjadi 22 perjalanan. Terdapat 4 dan 8 rangkaian kereta dalam setiap perjalanan sehingga terdapat 296 sampai 592 penumpang dalam satu kali perjalanan KRL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya