SOLOPOS.COM - Suasana Pantai Parangtritis. (Harian Jogja/Catur Dwi Janati) 

Solopos.com, BANTUL — Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan selama libur Lebaran 2022. Total ada sekitar 145.118 wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis sejak hari pertama Idulfitri hingga hari kelima setelah Lebaran.

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Pantai Parangtritis Bantul, Rahmad Ridwanto, mengatakan data kunjungan wisatawan itu dihimpun dari TPR sejak hari H Lebaran atau Senin-Sabtu (2-7/5/2022) pukul 13.30 WIB.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Dia menyebutkan, pada hari H Lebaran jumlah pengunjung sebanyak 7.575 orang, kemudian Selasa (4/4) berjumlah 25.870 orang, Rabu (5/5) berjumlah 29.900 orang, Kamis (6/5) berjumlah 35.905 orang, dan Jumat (7/5) berjumlah 26.196 orang, serta Sabtu (8/5) sampai pukul 13.30 sebanyak 19.699 orang.

Dia mengatakan, wisatawan yang berkunjung ke kawasan Pantai Parangtritis yang meliputi Gumuk Pasir, Pantai Parangkusumo, dan Pantai Depok sebagian dari luar daerah dan sebagian dari daerah DIY dan sekitarnya.

“Merata, baik luar daerah maupun lokal ada, dan kepadatan arus wisatawan di TPR meskipun ramai tapi lancar,” katanya.

Baca juga: Libur Lebaran, Ribuan Wisatawan Serbu Pantai Parangtritis Yogyakarta

Dalam memaksimalkan pelayanan penarikan retribusi wisata atau karcis masuk Parangtritis bagi wisatawan, pemerintah daerah menerjunkan lebih dari 35 orang petugas dibantu dari aparat pemerintah terkait.

“Total ada 35 pemungut, plus TNI/Polri ormas [organisasi kemasyarakatan], Paksikaton, dan Dinas Perhubungan,” katanya.

Selama libur Lebaran, menurut dia, Dishub bersama TNI/Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), instansi terkait melakukan pengaturan manual di TPR Parangtritis guna mengurangi kemacetan wisatawan yang datang menuju kawasan wisata andalan di Bantul itu.

Baca juga: Libur Lebaran, Hotel dan Homestay di Jogja Naik Tarif

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, mengatakan ada sekitar 280 destinasi wisata pada 17 kecamatan di Bantul. Namun pada libur Lebaran, pihaknya fokus pada pengendalian delapan objek wisata khususnya di pantai, karena menjadi tujuan favorit wisatawan.

“Untuk mengantisipasi agar pelayanan retribusi bisa maksimal, kita melakukan penambahan petugas di seluruh TPR. Apalagi jalur wisata menuju pantai ketika libur nasional padat kendaraan. Total ada 89 petugas pemungut,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya