SOLOPOS.COM - Salah satu destinasi wisata di Kota Semarang, Museum Kota Lama. (Dok. Solopos.com-Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, SEMARANG — Kota Semarang menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah (Jateng) yang paling banyak dikunjungi wisatawan pada libur Lebaran kali ini. Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, selama sepekan terakhir total sudah ada 229.317 wisatawan domestik yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di ibu kota Jateng tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Disbudpar Kota Semarang, Sapto Adi, mengatakan data tersebut masih bersifat sementara. Hal itu dikarenakan data itu diambil dari jumlah kunjungan wisatawan pada 10 destinasi wisata prioritas di Kota Semarang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Data di atas kami ambil dari 10 DTW [destinasi tempat wisata] prioritas yang menjadi tujuan utama wisatawan saat libur Lebaran. Kami tidak merekap data harian, karena sulit untuk bisa merekap data setiap hari dalam satu tahun,” ujar Sapto, Jumat (6/5/2022).

Sapto menambahkan pada momen libur Lebaran kali ini kunjungan wisatawan di Kota Semarang memang mengalami kenaikan. Meski demikian, ia tidak bisa menyebutkan secara detail persentase kenaikan tersebut.

Meski demikian, ia menyebut ada beberapa destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan seperti Museum Kota Lama, Semarang Zoo, Goa Kreo, hingga Taman Lele.

Baca juga: Libur Lebaran 2022 Usai, Ini Deretan Oleh-Oleh Khas Klaten

“Alhamdulillah ada peningkaan, berapa jumlahnya kami belum merekap, tapi berdasarkan laporan teman-teman memang ada peningkatan. Contohnya di Taman Lele, kunjungannya bisa mencapai 500-an oran per hari. Goa Kreo mencapai 3.000 wisatawan per hari,” jelasnya.

Sapto juga memastikan pengelola tempat wisata telah menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 secara ketat. Hingga saat ini, ia juga belum mendapat laporan terkait kejadian yang tidak diinginkan akibat pelanggaran prokes.

Sementara itu, Analisis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Pengembangan Pasar Bidang Pemasaran Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Tanti Apriani, menyebut Kota Semarang menjadi daerah di Jateng yang menerima kunjungan wisatawan tertinggi selama libur Lebaran. Data yang diperolehnya, total ada sekitar 229.320 wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang saat libur Lebaran 2022.

Baca juga: Buka di Tengah Covid-19, Tempat Wisata Semarang Wajib Penuhi Syarat

“Paling banyak di Kota Lama Semarang dengan jumlah kunjungan wisatawan mencapai 98.995 orang. Kemudian, Sam Poo Kong dan Pantai Marina,” ujar Tanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya