SOLOPOS.COM - Wisatawan sedang berinteraksi dengan salah satu satwa di Semarang Zoo. (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Objek wisata Semarang Zoo, alami kenaikan jumlah pengunjung hingga 25% dibanding Lebaran 2021. Pasalnya, pada 2022 ini, kebun binatang itu menerima hingga 8.000 pengunjung per hari.

Hal itu disampaikan Direktur Semarang Zoo, Khoirul Awaludin, saat dikonfirmasi, Rabu (4/5/2022). Ia mengatakan, pihaknya menerima peningkatan yang signifikan pada Lebaran tahun ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini sudah ada kenaikan sekitar 25 persen. Kalau rata-rata sampai 20 persen. Itu dari hari pertama, hingga hari ini,” kata Awaludin kepada Solopos.com, Rabu (4/5/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Disinggung mengenai pengunjung normal rata-rata per hari, Direktur Semarang Zoo menyebut hanya berkisar 3,500-an. Sedangkan pada Lebaran tahun lalu, hanya mencapai 6.000-an.

Lebih lanjut, mayoritas wisatawan pada Lebaran tahun ini masih didominasi masyarakat Jawa Tengah (Jateng). Kendati demikian, terdapat beberapa yang dari luar provinsi dan Pulau Jawa.

Baca juga: Libur Lebaran, Ribuan Pengunjung Serbu Dusun Semilir Bawen Semarang

“Dari beberapa yang kami sampel, rata-rata masih Jateng. Secara mayoritas memang ada yang Jatim (Jawa Timur), kemarin juga ada dari Jakarta, karena dia mudik. Terus ada juga Kalimantan, tapi kurang tau pemudik atau bukan,” lanjut dia.

Terkair protokol kesehatan (prokes) Semarang Zoo mengaku telah menerapkan sesuai aturan yang telah ditetapkan. Bahkan, pihaknya sudah menyediakan tiga posko layanan kesehatan.

“Pos kesehatan itu, ada di tiga titik dan jadi satu dengan pos informasi. Jadi untuk antisipasi kami jika ada hal tidak diinginkan, terus sebagai kontrol terhadap pengunjung, mengingatkan prokes seperti masker, cuci tangan dan kalau terjadi kerumunan,” pungkas dia.

Baca juga: Lebaran Hari Kedua, Lalu Lintas di Tol Kalikangkung Semarang Sepi

Tak hanya sampai disitu, pada Libur lebaran ini Semarang Zoo juga mulai memberlakukan trayel pertunjukan animal show. Disebutkan, wisatawan merespon baik dan sangat antusias melihat antraksi satwa yang dikemas dalam tema edukasi tersebut.

Animal show ini lagi kami gencarkan antraksi satwanya. Kami sajikan secara edukatif, menceritakan kehidupan satwa dihutan seperti apa dan sebagainya, untuk sekarang juga baru 10 yang dipertunjukan. Misalnya ada Gajah, Elang, Paruh Bengkok dan lain lain,” tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya