SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, bersepeda melintas di jalan Dusun Brangkulon, Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, saat Lebaran, Kamis (13/5/2021).(Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI – Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, tidak menerima tamu baik di rumah dinas maupun rumah pribadi di Dusun Brangkulon, Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, pada Lebaran ini, Kamis (13/5/2021).

Seusai Salat Idulfitri lelaki yang akrab disapa Jekek itu berolahraga sepeda atau gowes sendirian. Saat Solopos.com mendatangi rumah pribadinya, Bupati Jekak bersiap gowes. Dia sudah mengenakan kaus, sepatu, helm, dan kelengkapan olahraga sepeda lainnya. Sebelum gowes dia menyempatkan diri berbincang dengan Solopos.com.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sejak beberapa hari lalu dia sudah berencana gowes seusai Salat Id. Dia ingin menjelajahi area perbukitan di Gunung Pegat, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo hingga perbukitan di wilayah Wonogiri. Dia menargetkan bisa melintasi empat hingga lima bukit.

“Sendirian saja. Saya terbiasa gowes sendiri. Tentu di lintasan yang menantang, karena niat saya olahraga, bukan pengin pamer,” ucap Bupati seraya tertawa kecil.

Baca juga: Waduh! Kalori 3 Butir Nastar Setara Sepiring Nasi

Rencana itu dia susun sejak awal lantaran dia tak menerima tamu baik di rumah dinas maupun rumah pribadi. Oleh karena itu, jadwalnya akan banyak yang kosong. Dia merasa lebih baik berolahraga. Bupati tak memungkiri di perjalanan tidak menutup kemungkinan bakal bertemu dengan warga. Namun, menurut bapak satu anak itu tak masalah selama dia dan warga tidak bersalaman dan tetap jaga jarak.

“Nanti sore Insyaallah saya mau mendaki Gunung Lawu. Kelihatannya akan ada beberapa teman yang ikut,” ulas lelaki yang hobi berbagai olahraga ekstrem itu.

Baca juga: Bersebelahan dengan Masjid, Gereja di Solo Ubah Jadwal Ibadah

Tidak Ada Open House

Rumah pribadinya sepi. Hanya ada sang ibunda, Sukarmi dan beberapa kerabat dekat. Istri, Verawati dan anaknya, Anugrah Baskoro Sutopo sedang berada di rumah di Jogja. Rencananya Sukarmi akan menyusul ke Jogja. Tidak ada warga sekitar yang berkunjung. Hal itu berarti warga sudah mengetahui Bupati pada Lebaran ini tidak menerima tamu.

Bupati mengaku sebelumnya sudah mengondisikan agar tidak ada pejabat atau pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri, kepala desa atau kades, dan warga sekitar tak mengunjunginya dan keluarganya. Pengondisian di lingkuang sekitar rumah pribadi dilakukan melalui pemerintah desa dan rukun tetangga atau RT setempat.

Baca juga: Pria Ini Nekat Hina Al-Qur'an Lewat Tiktok Gegara Kesal Ditinggal Istri

“Kalau saya menerima tamu rumah saya ini bisa dipenuhi orang. Kalau ada orang yang memfoto lalu mengunggah di media sosial bisa repot urusannya. Bisa-bisa saya dituduh tak sejalan dengan instruksi pemerintah untuk tidak menciptakan kerumunan. Jadi, saya putuskan tidak menerima tamu,” imbuh Bupati Wonogiri.

Saat hari pertama dinas, Senin (17/5/2021) mendatang, dia tak akan menggelar halalbihalal. Dia hanya akan menyampaikan suatu ucapan saat apel di Sekretariat Daerah atau Setda. Setelah apel dia akan meminta para pegawai langsung ke ruang kerja masing-masing. Ini tak seperti pada momentum Lebaran sebelum Covid-19 mewabah. Pada kondisi normal biasanya para pegawai menyalami Bupati dan Wakil Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya