SOLOPOS.COM - LIburan di Gembira Loka Zoo (Harian Jogja/ Gigih M. Hanafi) Pengunjung memberi makan pada gajah saat mengunjungi kebun binatang Gembiraloka Zoo, Jogja, Selasa (12/7). Kunjungan pada salah satu wahana wisata tersebut saat liburan lebaran mencapai 22.500 ribu saat H+4. Namun menurun di bandingkan dengan kunjungan pada liburan lebaran tahun sebelumnya.

Libur lebaran kali ini, wisatawan di Gembiraloka Zoo tak sebanyak tahun lalu

Harianjogja.com, JOGJA- Berdekatannya jarak liburan antara libur Lebaran dan libur sekolah dinilai menjadi pemicu turunnya kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Jogja.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rendahnya kunjungan wisatawan di momen libur panjang kali ini cukup dirasa oleh para pengelola Kebun Binatang Gembiraloka.

Humas Gembira loka Zoo (GL Zoo), Khrisyanto Agung Wibowo membenarkan kondisi turunnya tingkat kunjungan wisatawan di kebun binatang ini. Khrisyanto memaparkan, liburan sekolah seolah membuat orang tua harus berhemat, karena kemungkinan pertimbangannya adalah kebutuhan untuk anak yang akan mendaftarkan sekolah cukup banyak.

Khrisyanto menambahkan, puncak libur Lebaran pada Sabtu (9/7/2016) semula diprediksi akan menarik banyak kunjungan ke tempat wisata ini. Namun, kenyataannya kunjungan ke kebun binatang ini tercatat hanya berkisar di angka 20.000 pengunjung.

“Ada penurunan antara 20 persen sampai 30 persen. Tahun lalu saja, pada hari ketiga Lebaran, jumlah kunjungan bisa mencapai 30.000 pengunjung. Namun, pada hari ketiga dan keempat, hanya berkisar 20.000 pengunjung saja,” ujar Khrisyanto kepada Harian Jogja, Sabtu (16/7/2016).

Terkait indikasi penurunan kunjungan sebagai akibat semakin beragamnya destinasi wisata yang ditawarkan DIY, Khrisyanto tidak mengamini hal ini. Pasalnya, setiap objek wisata memiliki segmentasi yang berbeda. Penurunan kunjungan ini bahkan, diakuinya juga tampak pada jumlah kunjungan wisatawan ke Jogja pada libur Lebaran dan sekolah tahun ini.

“Objek wisata yang menawarkan paket-paket wisata atau satu destinasi menawarkan beberapa spot justru lebih banyak pengunjungnya,” imbuh Khrisyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya