SOLOPOS.COM - Bandara Adisutjipto (JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya)

Libur akhir tahun membuat jumlah penumpang pesawat meningkat

Harianjogja.com, JOGJA-Jumlah penumpang pesawat di Bandara Internasional Adisutjipto sampai akhir tahun 2016 mengalami kenaikan dibandingkan 2015. Kenaikannya mencapai 13%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama menyebutkan, jumlah penumpang sepanjang 2016 ini mencapai 7.208.557 orang, sementara pada 2015 hanya 6.380.336 orang.

“Jadi ada kenaika 13 persen,” tegasnya Minggu (1/1/2016).

Pada 31 Desember 2016 kemarin, manajemen PT Angkasa Pura 1 Bandara Adisutjipto memberikan apresiasi kepada penumpang pesawat dari penerbangan terakhir. Tepat pukul 20.50 WIB, pesawat Garuda Indonesia GA 218 dari Jakarta mendarat di Bandara Adisutjipto.

Kedatangan pesawat tersebut menjadi penerbangan terakhir di tahun 2016 dan kedatangannya langsung disambut oleh Pandu dengan memberikan cinderamata menarik kepada pilot maskapai dan penumpang terakhir yang memasuki Bandara Adisutjipto. Penumpang mendapat apresiasi berupa hand bouquet.

“Semoga kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa menyertai kita semua di tahun yang baru ini dan semoga Bandara Internasional Adisutjipto semakin dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa bandara,” ujar Pandu saat menyapa penumpang terakhir bernama Lisa Umi Kalsum dan Fadli Ariza tersebut.

Kedua penumpang tersebut mengaku terkesan dengan sambutan dari manajemen PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto.

“Surprised sekali, kebetulan kami ke Jogja untuk berkunjung. Mendapatkan sambutan yang hangat dari bandara, membuat lelah kami saat tiba hilang dengan keramahan yang mewakili istimewanya Jogja,” jelas Lisa.

Kejutan juga diberikan kepada penumpang penerbangan pertama pada 1 Januari 2017 yaitu Mariyani yang menaiki Garuda Indonesia GA 201 pukul 06.00 WIB tujuan Jakarta.

Meski libur Natal dan tahun baru sudah selesai, tetapi Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru Bandara Adisutjipto masih tetap beroperasi sampai 8 Januari nanti. Posko ini selain memantau jumlah penumpang juga mencatat tingkat on time performance (OTP) dari seluruh penerbangan.

Berdasarkan data posko pada 31 Desember 2016 kemarin, OTP penerbangan di Bandara Adisutjipto mencapai 60%, dengan rincian 43 penerbangan tepat waktu (on time) dan 29 penerbangan mengalami keterlambatan (delay).

Pesawat yang mengalami delay 15-30 menit terjadi pada 18 pesawat, delay 31-60 menit terjadi pada tiga pesawat, dan delay 61-120 menit terjadi pada delapan pesawat. Sementara delay lebih dari 120 menit nihil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya