SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia)

Harianjogja.com, BANTUL-Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul, Daerah istimewa Yogyakarta, menjamin ketersediaan sejumlah bahan kebutuhan pokok strategis mencukupi selama libur Natal dan Tahun Baru 2014.

“Di Bantul pada libur akhir tahun jumlah jiwa akan meningkat karena orang mudik dan wisatawan, namun kami menjamin bahwa stok kebutuhan pokok strategis mencukupi selama Natal dan Tahun Baru,” kata Kepala Disperindagkop Bantul Sulistyanto, Senin (23/12/2013).

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Ia menyebutkan kebutuhan pokok seperti beras yang tersedia masih mencukupi kebutuhan masyarakat hingga lima bulan ke depan, kemudian bahan pokok lain seperti gula, minyak goreng, tepung masih cukup empat bulan ke bulan.

“Meskipun pada Desember ini ada peningkatan konsumsi, namun kami jamin ketersediaan bahan pokok terutama untuk kebutuhan rumah makan dan kuliner cukup, sehingga menjamin kenyamanan mereka yang mudik dan berkunjung ke Bantul,” katanya.

Selain kebutuhan pokok, kata dia kebutuhan lainnya yang diperkirakan akan mengalami kenaikan permintaan dari masyarakat selama Natal dan Tahun Baru seperti bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji ukuran tiga kilogram juga dipastikan mencukupi.

Menurut dia, dari pihak Pertamina akan memberikan tambahan kuota BBM bersubsidi hingga 16 persen, sedangkan suplai BBM nonsubsidi atau pertamax tidak terbatas untuk memenuhi kebutuhan konsumen selama libur akhir tahun tersebut.

“SPBU-SPBU [stasiun pengisian bahan bakar umum] yang berada di jalur padat dan jalur wisata, kami meminta akan buka selama 24 jam, kami juga meminta agar pengelola segera meminta suplai jika kehabisan,” katanya.

Sementara itu, kata dia untuk kebutuhan elpiji tiga kilogram pihaknya telah meminta tambahan kuota menjadi sekitar 21 ribu sampai 22 ribu tabung per hari dari sebelumnya rata-rata sekitar ribu 19 sampai 20 ribu tabung per hari.

“Dengan minimal ketersediaan tabung sebanyak 21 ribu per hari itu, kami jamin mencukupi, termasuk kalau misalnya di agen atau pengecer (elpiji) kosong warga dapat membelinya di SPBU,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya