Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Libur 17 Agustus, Ini 5 Wisata Alam Sukoharjo yang Cocok Dikunjungi

Berikut wisata alam di Sukoharjo yang cocok dikunjungi saat libur Hari Kemerdekaan berdasarkan penelusuran Solopos.com.
SHARE
Libur 17 Agustus, Ini 5 Wisata Alam Sukoharjo yang Cocok Dikunjungi
SOLOPOS.COM - Area di bawah pintu air Dam Colo, Sukoharjo, dengan beton pemecah arus menjadi lokasi foto para goweser, Minggu (2/8/2020). (Solopos/Indah Septiyaning W).

Solopos.com, SUKOHARJO — Refreshing saat libur 17 Agustus bisa dirayakan dengan jalan-jalan ke pusat kota atau berkunjung ke wisata alam yang ada di Sukoharjo. Mulai dari wisata alam geopark, pegunungan, hingga bendungan air.

Berikut wisata alam di Sukoharjo yang cocok dikunjungi saat libur Hari Kemerdekaan berdasarkan penelusuran Solopos.com dari berbagai sumber.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

1. Geopark Batu Seribu

Wisata alam ini merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Wisata ini ramai pada hari biasa maupun hari liburan.

Perjalanan ke salah satu wisata alam ini bisa dimulai dengan menempuh perjalanan menanjak dan curam sejauh 1,5 kilometer dari pintu masuk.

Baca juga: Ide Lomba Buat 17 Agustus Secara Online, Seru dan Gak Bikin Bosan!

Sebelum sampai ke lokasi, pengunjung harus melewati terowongan berbentuk mulut naga dengan genangan air di bawah pohon besar dan rimbun.

Wisata alam tersebut menyediakan fasilitas seperti area parkir kendaraan, musala, kamar mandi, tempat istirahat, sumber air, tempat perkemahan, warung makan, dan lainnya.

2. Gunung Taruwongso

Wisata alam yang satu ini juga bisa jadi destinasi piknik sekaligus merayakan kemerdekaan. Konon menikmati keindahan pemandangan gunung juga bisa menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air.

Lokasi wisatanya berada di Tengklik, Tawangsari, Watubonang, Kabupaten Sukoharjo. Pemandangan cukup elok dengan hamparan sawah, pemukiman penduduk, dan gunung-gunung yang menjadi panorama memanjakan mata.

Baca juga: Mau Ikut Upacara 17 Agustus Virtual di Istana?  Begini Cara Daftarnya

Tempat ini mematok biaya tiket masuk, alias gratis. Pengunjung bisa menikmati suguhan alam dan mengulik budaya maupun sejarah di kawasan ini.

3. Gunung Sepikul

Wisata alam ini merupakan gugusan batu menjulang tinggi yang memukau dengan panorama bukit berhutan dan persawahan. Lokasinya berada di Kerten, Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Buka setiap hari mulai pukul 05.00 WIB hingga tutup pukul 18.00 WIB.

Wisata alam ini cocok bagi para pendaki pemula karena tidak begitu tinggi, tidak terjal, dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk menempuh perjalanan sampai di puncak.

Wisata alam Gunung Sepikul tak gratis. Pengunjung dikenai tarif masuk sebesar Rp5.000 agar bisa merasakan sensasi mendaki termasuk di Hari Kemerdekaan.

Baca juga: Target 17 Agustus 2021, Seluruh Warga Kota Jogja Divaksin

4. Curug Krajan

Wisata ini masih alami dengan rerumputan membentang, serta pepohonan asri berdiri menantang langit. Lokasi Curug Krajan ini berada di perbatasan Gunung Kidul, DIY, tepatnya di pegunungan Bronggang, Krajan, Weru, Kabupaten Sukoharjo.

5.Dam Colo

Wisata alam Dam Colo merupakan wisata bendungan di Sukoharjo, Jawa Tengah. Nama lainnya adalah Bendungan Colo.

Wisata yang satu ini cocok dikunjungi karena pemandangannya bagus dan biaya masuknya gratis. Tidak hanya biaya masuknya saja yang gratis, bahkan biaya parkirnya pun juga gratis.

Baca: Ini Deretan Promo dan Diskon HUT RI 17 Agustus

Lokasi Bendungan Colo ini ada di perbatasan Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, dengan Desa Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Beberapa hal menarik yang bisa dilakukan di wisata ini antara lain berfoto dengan latar tembok beton dan pintu air bendungan yang kokoh.

Kemudian di bagian bawah dekat pintu air banyak tumpukan beton yang menjadi sasaran jepretan. Sementara, spot foto yang sering diincar yaitu aliran irigasi yang tersedia ratusan beton kokoh berbentuk persegi bertata rapi seperti paving di atas air.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode