Libatkan Mahasiswa, UNS Solo Bentuk Panitia Penjaringan Calon Rektor 2023-2028

Majelis Wali Amanah UNS Solo meluncurkan pembentukan panitia penjaringan dan penyaringan calon rektor periode 2023-2028.
SHARE
Libatkan Mahasiswa, UNS Solo Bentuk Panitia Penjaringan Calon Rektor 2023-2028
SOLOPOS.COM - Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Sebelas Maret (MWA UNS), Hadi Tjahjanto, saat launching Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor UNS Solo, Selasa (27/9/2022) (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo resmi menetapkan Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR), Selasa (27/9/2022). Penetapan P3CR tersebut menjadi upaya kampus menuju proses Pemilihan Rektor UNS periode 2023-2028.

Pemilihan Rektor UNS periode selanjutnya menjadi pemilihan pertama setelah UNS ditetapkan menjadi perguruan tinggi negeri badan hukum (PTN BH) pada 2020 lalu. Ketua MWA UNS, Hadi Tjahjanto, mengatakan pembentukan P3CR menjadi salah satu pengelolaan PTN BH.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Hal itu seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2020 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Sebelas Maret. Ia juga menyampaikan MWA menjadi majelis yang memiliki wewenang untuk mengangkat dan memberhentikan rektor sesuai aturan yang berlaku.

“MWA UNS telah membentuk Panita Pengawas untuk P3CR yang melibatkan senat akademik, pimpinan, dan dewan profesor. Selanjutnya pada proses penjaringan juga akan ada dua sesi panel yang melibatkan seluruh organ UNS,” katanya.

Tak hanya itu, MWA juga menggandeng dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa sebagai tim teknis penyelenggaraan penjaringan dan penyaringan calon Rektor UNS. Mahasiswa UNS diwakili Shoffan Mujahid yang merupakan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS 2022.

Baca Juga: Rektor UNS: AMSI Jateng Digital Awards 2022 Pacu Motivasi untuk Digitalisasi

Meski pemilihan rektor tetap dilakukan MWA UNS, Hadi menegaskan proses pemilihan akan melibatkan unsur mahasiswa. Salah satunya melalui Presiden BEM UNS 2022, Shoffan Mujahid. Hadi mengatakan hanya ada satu perwakilan mahasiswa dalam tubuh MWA.

Peran Mahasiswa dalam Pemilihan Rektor UNS

“Pemilihan tetap dilakukan MWA dan di MWA tetap ada perwakilan mahasiswa. Sehingga memang benar mahasiswa dilibatkan hingga proses pemilihan,” katanya.

Shoffan mangatakan akan berkomitmen menyampaikan aspirasi mahasiswa dalam proses penjaringan dan pemilihan Rektor UNS Solo ke depan. “Rencananya mahasiswa akan dilibatkan di dalamnya. BEM akan melakukan analisis dan konsolidasi.

Baca Juga: Langkah Awal Kolaborasi, UNS Teken Kerja Sama dengan Universitas Pakuan

Dari situ aspirasi dari mahasiswa akan disampaikan dalam penyampaian visi misi calon rektor. Peran mahasiswa akan penting sekali karena akan membawa isu strategis,” kata Shoffan.

P3CR akan menyosialisasikan pemilihan Rektor UNS mulai 27-30 September 2022, termasuk penyebarluasan perangkat media massa dan media sosial. Proses penjaringan bakal calon rektor berlangsung 3-10 Oktober 2022.

Kemudian penyaringan bakal calon rektor yang meliputi verifikasi berkas pendaftaran pada 12- 14 Oktober 2022. Selanjutnya pemaparan visi dan misi bakal calon rektor 16-17 Oktober 2022.

Baca Juga: Imbas Kemacetan Jurug, Pelaju Luar Kota Solo Rela Berangkat Sejam Lebih Awal

Pemilihan calon Rektor UNS Solo nantinya dilakukan MWA pada 20 Oktober 2022 berikut pemaparan visi dan misi calon rektor pada 27-28 Oktober 2022. Nantinya rektor terpilih dari hasil pemilihan rektor  akan dilantik 10-11 April 2023.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode