SOLOPOS.COM - rica menthok Pak Bagong. (Youtube/ Babahe Kamus Kuliner)

Solopos.com, KARANGANYAR — Meski tidak sebanyak kuliner olahan daging kambing atau ayam, rica menthok menjadi salah satu santapan lezat yang patut dicoba saat berada di Karanganyar, Jawa Tengah. Warung Rica Menthok Pak Bagong Karanganyar menjadi jujukan pembeli yang ingin merasakan kuliner olahan unggas ini.

Warung rica yang berdiri pada 2018 ini berlokasi di jalan Derpoyudo Desa Pelet, Gedong, Kecamatan Karanganyar. Warung ini tak jauh dari wisata Wana Gunung Bromo sehingga mudah menemukan tempatnya. Warung ini buka setiap hari mulai 10.00 WIB hingga 16.00 WIB. Namun tiap dua pekan sekali libur pada hari Jumat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Baca Juga: Bocah yang Lari di Video Viral Semeru: Lagi Ngaji saat Gunung Erupsi

Ada beberapa varian rica menthok di warung Pak Bagong Karanganyar, yakni rica kuah, rica goreng, rica goreng kuah yang sama-sama dibanderol Rp18.000. Bagi yang menginginkan tambahan petai goreng cukup merogok kocek Rp6.000,

Rica mentok ini memiliki potongan yang tebal dan rasa gurih. Bumbunya yang berasal dari rempah-rempah meresap ke tulang hingga dapat memanjakan lidah Anda. Tak lupa juga sambal bawangnya yang pedas mejadi pelengkap kuliner rica menthok ini.

Baca Juga: Bukan Cuma Kuyang, Ini 5 Hantu Menyeramkan di Kalimantan

Sementara kuahnya rica menthok ini kental dan pekat sehingga cocok disantap bersama nasi hangat. Meski tidak menambah sambal, rasa pedas dari kuah rica menthok Pak Bagong Karanganyar ini cukup untuk seseorang yang tidak menyukai kuliner pedas. “Empuk banget, coba kalau dikasih nasi nglawuuhi [Cocok mejadi lauk] ini,” ujar Babahe seperti di video Babahe Kamus Kuliner yang berjudul Harganya Murah Rasanya Maknyus.., yang ditilik Solopos.com, Minggu (12/12/2021).

Menurut Feri, seorang karyawan di warung tersebut membeberkan menu andalan dan yang paling diminati adalah rica menthok goreng. Meski demikian, varian rica menthok lain juga tak kalah enak untuk dicicipi sambil menikmati suasana di pedesaan.

Baca Juga: Asale Gunung Bromo, Muncul Setelah Letusan Dahsyat Gunung Tengger

Untuk memesan kuliner rica ini, Anda harus antre terlebih dahulu lantaran ramai pegunjung. Pada hari biasa, pengunjung cukup banyak yang ingin mencicipi rica menthok ini hingga parkiran penuh. Sementera pada akhir pekan pengunjung bisa membeludak hingga parkir di jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya