SOLOPOS.COM - Anji ditangkap karena ganja. (detik.com)

Solopos.com, JAKARTA -- Musisi dan sekaligus youtuber Erdian Aji Prihartanto alias Anji ditangkap setelah terbukti menggunakan ganja. Rupanya, ganja yang dpakai Anji berasal dari Amerika Serikat dan dipesan melalui online shop.

Online shop itu yakni megamarijuanastore.com. Hanya, Anji memesan barang haram itu tidak langsung, melainkan menggunakan orang lain yang disebutnya sebagai Bro.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terkait Bro ini, polisi sedang menyelidiki identitas sebenarnya. Polisi juga menggandeng Bea Cukai untuk menyelidiki bagaimana ganja tersebut bisa masuk Indonesia.

"Jadi itu [pengejaran Bro] masih kami lakukan penyidikan lebih lanjut. Dan akan kami koordinasi ke instansi-instansi terkait untuk mendalami terkait dengan saudara Bro tersebut," ujar Kanit 1 Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKP Harry Gasgari, kepada wartawan, Jumat (18/6/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Waduh! Anji Membeli Ganja Secara Online dari AS

Harry mengatakan pihaknya juga berkoordinasi dengan tim Mabes Polri untuk memburu Bro itu. "Masih kami lakukan upaya-upaya selanjutnya (gandeng Siber Polri). Untuk pengiriman barang kami masih komunikasi dengan Bea Cukai," tuturnya.

Sebelumnya, polisi mengungkapkan Anji membeli ganja dari situs yang khusus menjual marijuana di Amerika Serikat (AS). Anji memesannya dengan menggunakan identitas orang lain yang disebut Bro.

"[Anji beli ganja] dari situs yang diduga berada di wilayah Amerika Serikat, yaitu megamarijuanastore.com," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Ady Wibowo, kepada wartawan di Polres Jakbar, Jakarta Barat, Rabu (16/6/2021).

Identitas

Menurut Ady, untuk dapat mengakses situs tersebut, perlu sebuah identitas (ID). Dengan ID seseorang inilah Anji memesan ganja dari situs tersebut.

"Bagaimana untuk mengakses situs tersebut, yang bersangkutan harus memiliki ID. Nah, ID didapat dari seseorang yang sekarang masih DPO [buron]," lanjut Ady.

Baca Juga: Ditangkap Karena Narkoba, Anji Akhirnya Buka Suara

Lebih lanjut Ady menjelaskan sang pemilik ID-lah yang memesan ganja dan nantinya baru disalurkan kepada Anji. Saat ini pihak kepolisian masih mendalami keterlibatan pemilik ID di situs yang digunakan oleh Anji.

"Dialah yang memiliki ID, yang bersangkutan tinggal memilih jenisnya. Nanti Saudara Bro yang memesan dan diserahkan kepada yang bersangkutan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya