SOLOPOS.COM - Sukarelawan pendukung Gibran Rakabuming Raka yang tergabung dalam komunitas Kancane Gibran Gaess (Kagege) menunjukkan empat karikatur karya kartunis Solo yang menyerukan pelaksanaan Pilkada Solo yang damai, Rabu (5/8/2020) sore, di Ngopi Serius, Purwosari, Laweyan. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Komunitas Kancane Gibran Gaess atau Kagege memiliki cara unik untuk menyampaikan harapan dan seruan untuk menciptakan Pilkada Solo 2020 yang damai dan bebas konflik.

Lewat karya karikatur yang unik dan lucu, mereka menyampaikan pesan baik yang secara langsung maupun bernada sindiran.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Underpass Transito Laweyan Solo Dilengkapi Tangga Untuk Pejalan Kaki, Ini Penampakannya

Mereka berharap kontestasi Pilkada Solo 9 Desember 2020 mendatang dimaknai sebagai pesta demokrasi, tidak semata pertarungan politik antarpasangan calon dan partai politik.

Karya karikatur diluncurkan sukarelawan Kagege pada Rabu (5/8/2020) di Kafe Ngopi Serius Purwosari, Laweyan, Solo. Mereka meluncurkan empat karikatur berisi pesan moral untuk sama-sama menjaga Pilkada Solo tetap damai.

Wah! PSI Ngaku Ditawari Rp1 Miliar Untuk Usung Purnomo-Anung di Pilkada Solo 2020

Seperti karikatur bergambar keluarga yang tetap menjaga kehangatan hubungan di tengah perbedaan pilihan politik. Perbedaan pilihan politik tidak boleh menjadi pemicu perpecahan keluarga dan masyarakat Solo.

Tidak Menyebarkan Hoaks

Keluarga memegang peran penting dalam menjaga kondusivitas wilayah. “Berawal dari keluarga mari kita jaga kota ini. Seperti tidak menyebarkan hoaks dan antipolitik uang,” ujar Juru Bicara Kagege, Imelda Yuniati.

2 Kecamatan di Solo Ini Nihil Kematian Akibat Covid-19, Mana Saja?

Karikatur lainnya mengilustrasikan beberapa warga yang saling berangkulan dengan wajah ceria. Di atas gambar itu ada tulisan "Suara kita masa depan kita". Di bagian bawah ada tulisan "Pilihan boleh beda, kita tetap suadara".

Empat karikatur berisi ajakan menjaga Pilkada Solo tetap damai itu dipajang di Kafe Ngopi Serius dan mendapat perhatian para pengunjung.

Pria Lansia Asal Banyuanyar Jadi Orang Ke-10 Yang Meninggal Akibat Covid-19 di Solo

Menurut Imelda, karikatur-karikatur itu juga akan dipajang di depan rumah anggota Kagege sebagai pesan moral kepada masyarakat.

Polwan Cantik Sukoharjo Rela Jadi Bakul Jamu Gendong Demi Sosialisasi Bahaya Corona

“Kami akan terus produksi karikatur-karikatur semacam ini dan publikasikan sebagai bentuk kampanye pilkada damai. Paling enggak nanti dipasang di depan rumah anggota Kagege. Mari kita jaga pilkada ini,” ajak dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya