SOLOPOS.COM - Tugu Sepuser di Temanggung. (Instagram/@temanggungku)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Letak penanda titik nol Pulau Jawa yang diyakini merupakan Tugu Sepuser di Temanggung, Jawa Tengah, kabarnya sudah bergeser. Bangunan yang berlokasi di Desa Soropadan dan Desa Kupen, Kecamatan Kaloran, Temanggung konon sudah bergeser dari tempat awal dibangun.

Hal itu diketahui berdasarkan penuturan tokoh spiritual, Ki Kusumo, yang sempat menggelar ritual di Tugu Sepuser. Ki Kusumo membenarkan tentang keberadaan tugu Sepuser itu bahwa letaknya di tengah-tengahnya pulau Jawa. Namun, lebih tepatnya bergeser setengah meter dari tugu. Ki Kusumo pun menyebutkan tugu itu merupakan bangunan baru.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca juga: Tugu Sepuser Temanggung, Jejak Majapahit yang Diklaim Titik 0 KM Jawa

Dikutip dari situs resmi Pemkab Temanggung, Kamis (13/1/2022), bangunan asli Tugu Sepuser yang merupakan titik nol Pulau Jawa berupa batu bata besar yang dibuat pada masa Kerajaan Majapahit. Di atas tugu terdapat sebuah batu yang berbentuk “wudel” atau pusar, yang artinya tengah-tengah. Namun sayangnya bangunan asli ini sudah berubah dan bahan batu bata sudah tidak diketahui keberadaannya.

Konon, bangunan Tugu Sepuser ini diubah pada 1995 oleh warga Semarang setelah bersemedi di sana. Tugu yang awalnya hanya setinggi 1 meter itu pun ditinggikan menjadi 2 meter dan dilapisi keramik. Sampai sekarang tugu itu sering menjadi tempat semedi, khususnya setiap malam Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon.

Baca juga: Misteri Tugu Sepuser, Titik Nol Pulau Jawa Sering Dipakai Semedi

Menurut legenda yang berkembang secara turun temurun, Tugu Sepuser di Temanggung yang diklaim sebagai titik nol Pulau Jawa adalah perempatan antara Gunung Sumbing dan Gunung Merapi dengan laut utara dan laut selatan Jawa.

Tugu yang berada di perbatasan Desa Soropadan dan Desa Kupen, Kecamatan Kaloran, Temanggung itu lokasinya berdekatan dengan pemakaman Sepujud.

Di pemakaman itu terdapat makam Kiai Hangga Patra, pendiri Desa Soropadan. Letak Tugu Sepuser ini cukup tersembunyi. Tugu kecil dengan tinggi 2 meter ini berada di tengah ladang yang dikelilingi tanaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya