SOLOPOS.COM - Kendaraan memasuki gerbang tol Palimanan saat Hari Nyepi (14/3/2021). (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA -- Sistem pembayaran tol semakin berkembang setelah bertahun-tahun menggunakan uang tunai, hingga beberapa tahun belakangan pakai uang elektronik. Sekarang teknologinya bahkan lebih canggih bisa tanpa menghentikan kendaraan.

Mengutip liputan6.com, sistem ini sudah diuji coba PT Jasa Marga, yaitu bayar tol nirsentuh dan tanpa berhenti, berbasis voucher elektronik, dengan menggunakan stiker berteknologi Radio Frequency Identification (RFID).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dengan branding FLO, atau lebih dikenal dengan Let It Flo dan uji coba ini diawali di Jalan Tol Bali Mandara pada akhir 2018. Uji coba terbatas Let it Flo di Jalan Tol Bali Mandara ini juga didukung dengan kerja sama secara Business to Business (B2B) dengan Blue Bird, BUMN di Wilayah Bali, BUMD, Pemerintah dan komunitas setempat.

Baca Juga : Hadrian X, Robot Tukang Batu Bisa Bikin Rumah Kurang Dari 3 Hari

Berdasarkan data yang dikirimkan PT Jasa Marga, dengan menggunakan let it flo, pengguna tidak perlu menghentikan kendaraan saat melewati gerbang tol. Untuk alasan keamanan, kecepatan maksimum ditentukan antara 10 km/jam - 20 km/jam.

Penggunaan sistem ini juga mudah, cukup sikronisasi RFID ke aplikasi Let It Flo dan beli voucher tol, dan aplikasi sudah siap digunakan. Isi ulang voucher juga lebih mudah, karena bisa dengan smartphone.

Dengan teknologi ini, pengelolaan akun, top up voucher, dan pengecekan riwayat setiap transaksi sangat mudah dilakukan melalui Aplikasi Let it Flo yang tersedia di Google Play dan AppStore. Hal ini ke depannya juga dapat berpengaruh dan memberikan manfaat dalam mengurangi antrean di gerbang tol.

Baca Juga : ATM Di Singapura Terapkan Pengamanan Pindai Pengenal Wajah

Berdasarkan data Jasa Marga, sampai saat ini, perluasan uji coba terbatas Let It Flo ini tersedia di 50 titik di gerbang-gerbang tol di wilayah Jabotabek (Jalan Tol Dalam Kota, JORR, Jagorawi, Jakarta-Tangerang, dan Jakarta-Cikampek) serta 3 titik gerbang-gerbang tol (Ngurah Rai, Nusa Dua, Benoa) di Jalan Tol Bali Mandara. Hingga saat ini pengguna Let It Flo berjumlah sekitar 6.000 users.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya