SOLOPOS.COM - Dua sahabat, Lestari (kiri) dan Umi, saat diwawancarai wartawan Thayyibah.com, Sudarso Arief Bakuama. (Thayyibah Channel)

Solopos.com, JAKARTA — Seorang perempuan asal Jogja, Lestari, 59, mengaku kecewa berat dengan Ustaz Yusuf Mansur. Sebelum menjadi ustaz terkenal, menurut Lestari, Yusuf Mansur menumpang hidup di rumahnya.

Namun kebaikannya itu ternyata dibalas keburukan. Lestari menyatakan Yusuf Mansur mengkhianati kepercayaannya hingga membuat rumahnya terjual untuk membayar tanggungan Yusuf Mansur yang menggadaikan mobil-mobil rental.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pernah berulang kali mendatangi rumah Yusuf Mansur untuk menagih tanggung jawab, upaya perempuan tua itu belum berhasil hingga kini.

Baca Juga:Biodata Ustaz Yusuf Mansur, Dulu Pernah Dipenjara Kini Tajir Melintir

“Ibaratnya Yusuf Mansur itu menumpang hidup di rumah saya. Sering ke rumah saya, makan di rumah saya. Kalau tidak ada uang untuk makan juga sering saya kasih,” ujar Lestari yang kini menumpang hidup di rumah kakaknya di Batam, saat diwawancarai wartawan Thayyibah.com, Sudarso Arief Bakuama, Jumat (8/4/2022) lalu.

Wawancara itu diunggah di kanal Youtube Thayyibah Channel dan dikutip Solopos.com, Minggu (10/4/2022).

Solopos.com belum memperoleh konfirmasi langsung dari Yusuf Mansur perihal tuduhan ini. Upaya konfirmasi melalui Whatsapp sejak beberapa hari lalu belum memperoleh tanggapan dari dai kondang itu.

Baca Juga: Lestari Ngaku Jual Rumah Demi Bayar Kewajiban Yusuf Mansur

Namun dalam unggahan di Instagramnya, Yusuf Mansur menyatakan pilih bersabar terhadap semua berita negatif tentangnya.

Lestari menyatakan saat kali pertama berkenalan pada tahun 1999, Yusuf Mansur saat itu masih lajang dan belum menjadi ustaz. Ia dikenalkan seorang rekannya bernama Iwak, untuk penggadaian sebuah mobil. Berawal dari penggadaian pertama itu Yusuf Mansur lantas menggadaikan beberapa mobil lainnya yang ia aku sebagai milik saudaranya.

Belakangan diketahui ternyata semua mobil yang digadaikan Yusuf Mansur itu merupakan mobil sewaan di sebuah rental terkenal di Jakarta.

“Pernah dulu saya dan Bu Lestari ini datang ke rumah Jam’an (Yusuf Mansur) di Tangerang. Pagi-pagi naik bus ke sana. Hanya diberi waktu 10 menit, katanya dia mau syuting di TV. Saya bilang ‘Kamu sudah terkenal dan kaya. Kembalikan rumah Bu Lestari. Kasihan dia sekarang numpang di rumah saya’,” ujar Umi, rekan Lestari.

Baca Juga: 14 Karyawan Paytren Resmi Gugat Bipartit Ustaz Yusuf Mansur

Umi adalah suami Iwak, orang yang kali pertama mengenalkan Lestari dengan Yusuf Mansur. Umi dan Lestari berteman sejak lama. Setelah Lestari dikejar-kejar banyak orang karena menjadi jalan penggadaian mobil Yusuf Mansur, ia menampung sahabatnya itu di rumahnya cukup lama.

“Saya kasihan, rumahnya sudah hilang. Dijual murah karena takut masuk penjara. Rumahnya luas 120m2 tahun itu (1999) hanya dijual Rp50 juta. Kalau sekarang sudah berapa miliar itu,” ujar Umi yang kini berusia 71 tahun.

Umi mengaku tahu persis kasus yang terjadi antara Yusuf Mansur dan Lestari. Bahkan, sejak awal ia sudah melihat gelagat kurang baik pada diri Yusuf Mansur sehingga dirinya selalu mendampingi Lestari ke mana-mana.

Baca Juga: Yusuf Mansur, Paytren dan Mimpi Membeli Indonesia

“Dia (Yusuf Mansur) mungkin benci ke saya, karena saya ada terus di samping Lestari. Perasaan saya gak enak soal dia (Yusuf Mansur). Dan benar kan. Pernah dulu suami saya dan Yusuf Mansur diturunkan di jalan karena mobil yang mereka kendarai dicegat orang suruhan rental. Ya itu, ternyata mobil rental digadaikan Jam’an,” katanya.

Dalam suatu pertemuan di kediaman Yusuf Mansur, Umi dan Lestari mengaku pernah diberi uang Rp400.000 oleh dai kondang itu. Uang tersebut sebagai ongkos pulang dari Tangerang ke Jakarta.

“Saya kan minta uang untuk beli rumah. Untuk mbayari Yusuf Mansur itu uang saya sekitar Rp35 juta, tahun 1999. Tapi dia kasih uang Rp400.000 terus bilang nanti akan transfer Rp5 juta. Tapi ya sampai sekarang tidak pernah transfer,” katanya.

Lestari mengaku, demi menutupi kewajiban Yusuf Mansur yang menggadaikan mobil rental dirinya terpaksa menjual rumahnya di Jakarta pada tahun 1999. Rumahnya terjual Rp50 juta dan habis untuk membayar kepada orang-orang yang uangnya dibawa Yusuf Mansur.

“Dia sekarang kaya raya, masak tidak kasihan kepada saya. Saya sekarang tidak punya rumah, hidup saya susah. Saya mau meminta kembali uang saya. Semoga Jam’an (Yusuf Mansur) tersadar dan mengembalikan hak saya biar saya bisa kembali punya rumah,” ujar Lestari.

Baca Juga: Ustaz Yusuf Mansur Persilakan Karyawan Paytren Keluar Baik-Baik

Lestari mengaku terseret dalam kasus Yusuf Mansur lantaran proses menggadaikan mobil tersebut melalui dirinya. Namun Lestari menyatakan tidak tahu bahwa mobil yang digadaikan Yusuf Mansur tersebut merupakan mobil rental.



Menurut Lestari, pada tahun 1999 Yusuf Mansur menggadaikan beberapa mobil rental sehingga dikejar-kejar pemiliknya. Lestari turut terseret lantaran proses menggadaikan mobil tersebut melalui dirinya.

“Saya sampai tidak berani pulang ke rumah karena dikejar-kejar orang terus. Akhirnya rumah saya jual untuk membayar orang-orang itu. Kalau Yusuf Mansur sudah ditahan polisi,” ujar Lestari.

Menurut Lestari yang kini tinggal di Batam, Yusuf Mansur dipenjara karena menggadaikan mobil rental.

Baca Juga: Ustaz Yusuf Mansur Persilakan Karyawan Paytren Keluar Baik-Baik

Benarkah cerita Lestari ini? Solopos.com berusaha meminta konfirmasi kepada Ustaz Yusuf Mansur melalui pesan Whatsapp. Namun hingga berita ini diturunkan belum mendapat tanggapan dari dai kondang tersebut.

Yusuf Mansur menulis sejumlah ungkapan di akun Instagram miliknya, Sabtu (9/4/2022).

“Jikalau ada orang yang senang, bahagia dan gembira dengan menjelekkan kita, memfitnah, dan menarasikan negatif. Bagus itu. Karena jarang-jarang kita bisa membahagiakan orang lain, jarang-jarang kita bisa menyenangkan dan menggembirakan hati orang lain. Jangan rusak kebahagiaan mereka. Kita cukup memohon Allah melindungi dan menyelamatkan kita. Tugas kita hanya perlu bersabar, luruskan niat dan jaga baik sangka kepada Allah,” tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya