SOLOPOS.COM - Kontingen Kwarcab Boyolali peserta Jamnas 2022 beserta pembina berfoto dengan Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, di depan kantor Bupati, Rabu (10/8/2022).(Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, melepas 16 anggota Pramuka tingkat penggalang untuk ikut acara Jambore Nasional (Jamnas) 2022 di Cibubur. Mereka menjadi wakil Kwartir Cabang (Kwarcab) Boyolali di event lima tahunan tersebut.

Acara pelepasan dilaksanakan di Ruang Merbabu Kantor Bupati Boyolali, Rabu (10/8/2022). Ketua Kwarcab Boyolali, Supana, mengungkapkan kontingen Jamnas dari Boyolali akan berangkat pada Rabu sore.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kegiatan ini akan diikuti oleh adik-adik penggalang SMP dan MTs di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur mulai 11 – 21 Agustus,” terang Supana kepada wartawan.

Ia menjelaskan 16 anggota Pramuka Penggalang itu terdiri atas delapan putra dan delapan putri. Mereka akan didampingi dua pembina Pramuka Kwarcab Boyolali. Jamnas 2022 ini rencananya dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Minggu (14/8/2022).

Baca Juga: Pramuka Kwarda Jateng dan Kwarcab Karanganyar Ziarah ke Makam Soeharto

Supana berharap kontingen dari Boyolali dapat mengikuti seluruh kegiatan Jamnas 2022. Selain itu diharapkan mereka juga bisa memanfaatkan Jamnas untuk berekspresi, berprestasi, dan berinovasi.

“Adik-adik ini merupakan pilihan dari wilayah se-Boyolali, yang akhirnya mereka menjadi perwakilan Boyolali yang siap untuk mengharumkan nama Boyolali di tingkat nasional,” kata dia.

Lebih lanjut, Supana mengungkapkan kegiatan Pramuka pada Agustus 2022 di Boyolali tidak hanya pengiriman kontingen Jamnas. Namun ada pula renungan dan ulang janji pada Sabtu (13/8/2022) di SMAN 1 Boyolali.

Kegiatan renungan dan ulang janji ini akan diikuti oleh 500 peserta dari seluruh Kwartir Ranting (Kwaran) Boyolali dan dilaksanakan secara serentak.

Baca Juga: 354 Pramuka Garuda Karanganyar Dilantik, 16 Dilepas Ke Cibubur

Lalu pada Rabu (31/8/2022), akan diadakan upacara Hari Pramuka yang akan diikuti 2.000 peserta. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Kebun Raya Indrokilo Boyolali.

“Kondisi PPKM [Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat] menyebabkan berbagai kegiatan tertunda, termasuk Boyolali yang sudah ditunjuk oleh Kwarda Jawa Tengah menjadi tuan rumah penyelenggaraan upacara pun tertunda dua tahun dari rencana 2020,” terang dia.

Sementara itu, Bupati Said, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Kontingen Boyolali yang akan mengikuti Jamnas 2022 .

“Semangat membangun kegotongroyongan serta semangat memberikan persatuan dan kesatuan bagi negeri ini harus dihadirkan oleh kontingen Pramuka dari Boyolali. Jadi, rajutlah persatuan dan kesatuan anak-anak negeri ini,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya