SOLOPOS.COM - Calon peserta didik baru dibantu guru saat memasukkan data pada pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online 2021 tingkat SMP melalui jalur zonasi di SMP Negeri 4, Solo, Rabu (23/6/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Dinas Pendidikan Solo merilis jadwal dan jalur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 dari jenjang TK, SD, hingga SMP.

Total ada empat jalur penerimaan Calon Peserta Didik (CPD) untuk mendaftar ke sekolah yang diinginkan, yaitu jalur zonasi, prestasi, perpindahan, dan afirmasi. Ada tambahan satu jalur, yakni PPDB untuk Kelas Khusus Olahraga (KKO) yang berpusat di SMP Negeri 1 Kota Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Untuk jalur zonasi, prestasi, dan perpindahan digelar secara bersamaan dengan total enam tahapan. Prosesnya akan dimulai pada tanggal 13 Juni 2022.

Tahap pertama adalah konversi nilai prestasi yang akan dimulai pada tangal 13 Juni hingga 15 Juni 2022. Setelahnya, akan ada tahap registrasi mulai tanggal 20 Juni hingga 24 Juni.

Registrasi dapat dilakukan di laman https://ppdb.surakarta.go.id. Khusus untuk jalur perpindahan atau yang memiliki Kartu Keluarga (KK) dari luar kota maka calon peserta didik harus melalui tahap verifikasi data setelah melakukan registrasi tersebut.

Baca Juga : Ada 4 Jalur PPDB TK, SD, SMP Kota Solo Tahun Ini, Apa Saja?

Tahapan berikutnya, calon peserta didik akan memulai pendaftaran tanggal 22 Juni hingga 24 Juni 2022 dengan masuk ke laman https://ppdb.surakarta.go.id. Calon peserta didik memilih sekolah yang dituju, maksimal tiga sekolah.

Tahap keempat adalah rekomendasi. Calon peserta didik yang tidak diterima di semua pilihan maka direkomendasikan memilih satu pilihan ke sekolah yang kuotanya belum terpenuhi. Tetapi, hal itu sesuai dengan jalur PPDB yang dipilih. Tahap ini akan dimulai pada 27 Juni 2022.

Pengumuman penerimaan akan digelar pada 1 Jui 2022 melalui laman https://ppdb.surakarta.go.id. Setelah pengumuman, calon peserta didik akan melakukan daftar ulang pada 4 Juli hingga 5 Juli 2022.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Hery Mulyono, saat dihubungi Solopos.com, Senin (23/5/2022), menyampaikan PPDB akan digelar mulai awal Juni 2022. Nantinya akan ada empat jalur untuk penerimaan tahun ini.

Baca Juga : PPDB TK, SD, SMP Kota Solo Akan Dimulai Tanggal Ini, Siap-Siap Ya!

“Untuk PPDB akan segera kami umumkan tanggalnya dan akan dimulai pada bulan Juni. Mengenai jalurnya nanti akan dibagi menjadi empat, yakni melalui zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua, dan prestasi,” ujarnya.

Aturan Zonasi

Dalam data yang diterima Solopos.com, peraturan zonasi tahun ini akan diseleksi melalui Kartu Keluarga beralamat di dalam zona. Kemudian akan ditentukan status anak kandung dan/atau cucu.

Secara penjadwalan, nantinya calon peserta didik akan melakukan registrasi akun. Untuk pelaksanaan PDDB di Kota Solo serentak dimulai pada tanggal 20 Juni 2022 hingga 24 Juni 2022.

Khusus yang masuk SMP melalui jalur prestasi akan dimulai pada tanggal 13 Juni 2022. Semuanya akan digelar secara daring. Untuk jalur afirmasi akan dimulai pada tanggal 13 Juni hingga 15 Juni 2022 untuk SD dan SMP.

Baca Juga : Ini Dia Daftar Lengkap SMA Negeri di Solo

Setelah registrasi, akan ada tahap verifikasi sebelum memulai pendaftaran. Pendaftaran akan dimulai pada tanggal 22 Juni 2022 hingga 24 Juni 2022. Khusus jalur afirmasi akan digelar pada tanggal 13 Juni 2022 hingga 15 Juni 2022.

Setelah pendaftaran calon siswa akan memilih rekomendasi ditambah satu pilihan secara serentak pada tanggal 27 Juni 2022. Ini berlaku untuk TK hingga SMP.

Pengumuman akan digelar pada 1 Juli 2022 untuk semua jalur dan jenjang pendidikan. Khusus untuk jalur afirmasi akan diumumkan pada tanggal 17 Juni 2022.

Setelah pengumuman, calon siswa akan melakukan daftar ulang pada tanggal 4 Juli hingga 5 Juli 2022. Bagi jalur afirmasi, pengumuman akan digelar pada 20 Juni hingga 21 Juni 2022.

Baca Juga : Lengkap! Ini Daftar SMK Negeri di Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya