Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Legitnya Omzet Jualan Jambu Air di Sukoharjo, Hingga Rp700.000 Per Hari

Legitnya Omzet Jualan Jambu Air di Sukoharjo, Hingga Rp700.000 Per Hari
author
Ika Yuniati Rabu, 3 Agustus 2022 - 22:46 WIB
share
SOLOPOS.COM - Salah satu lapak penjual jambu air musiman di Jalan Raya Nguter Sukoharjo Rabu (3/8/2022). (Solopos.com/ Tiara Surya Madani).

Solopos.com, SUKOHARJO – Sekitar 13 penjual musiman jambu air mulai membuka lapak di sepanjang jalan raya Nguter, Sukoharjo, Rabu (3/8/2022). Mayoritas pedagang asal Sukoharjo tersebut mampu meraih omzet ratusan ribu rupiah per harinya.

Salah satunya yakni warga dukuh Jomblang, Kelurahan Dukuh, Sukoharjo, Tini. Memasuki bulan Juli lalu jambu air mulai berbuah dan bisa dipanen.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Oleh karena itu Tini dan para pedagang lainnya mulai berjualan di sekitar jalan raya Nguter-Sukoharjo. Alasannya mereka ingin jemput bola karena dianggap lebih laku.

“Biasa musim jambu di jalan raya Nguter laku. Jualannya satu tahun sekali sesuai dengan musim. Banyak juga yang dagang di daerah lain seperti pasar. Punya saya harganya kisaran 10-25 ribu [Rp10.000 – Rp25.000] per kilogram,” kata Tini.

Wanita kelahiran Sukoharjo itu mengaku untuk mendapatkan jambu air mencari sendiri. Ia tidak memiliki perkebunan sendiri. Jambu air biasanya didapatnya dengan mencari ke pengepul.

Baca juga: Petani Jambu Air Di Grobogan Ini Namanya Mirip Nama Penyanyi Indonesia

“Ada dua tiga pedagang yang mendapat setoran, kalau saya cari sendiri di daerah Pranan, Polokarto, Sukoharjo,” lanjutnya.

Tini berkata Pranan merupakan daerah penghasil jambu air. Tiap rumah penduduk membudidayakan pohon jambu air.

“Jambu berasal dari Pranan, Polokarto, Sukoharjo banyak yang memiliki kebun. Rumah dalam satu kelurahan ada yang menanam, satu rumah ada lima sampai tujuh pohon,” kata Tini.

Tini mengatakan omzet penjualan per harinya tidak menentu. Per hari rata-rata ia mendapatkan omzet Rp300.000 hingga Rp500.000.  Namun jika ramai bisa mencapai Rp700.000 per hari.

Baca juga: TIPS HERBAL: Jambu Air Segarkan Kulit

Pedagang lain asal Nguter, Sukoharjo, Intan, mengatakan banyak pedagang jambu air di jalan raya Nguter karena saat ini memang sedang musim panen.

Intan mengatakan pendapatan per hari mencapai Rp300.000. Ia baru saja berjualan Juni tahun ini.

“Saya mendapatkan jambu dari setoran, harga punya saya Rp17.000 sampai Rp23.000. Tergantung dengan kualitas dan besar kecil jambu,” kata Intan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN