;

Legend Lur! Rental Komik Doraemon Solo yang Kini Hanya Kenangan

Tempat rental komik Doraemon di Solo, Jawa Tengah, yang begitu legendaris dan melekat di hati netizen meski telah tutup pada 2020.
SHARE
Legend Lur! Rental Komik Doraemon Solo yang Kini Hanya Kenangan
SOLOPOS.COM - Rental komik Doraemon di Solo. (Instagram/@soloinfo/@hrwdt)

Solopos.com, SOLO — Keberadaan rental komik di Solo, Jawa Tengah, mulai jarang terlihat beberapa tahun terakhir. Tempat persewaan komik di kota ini sepertinya tergerus oleh zaman.

Seperti yang dialami oleh salah satu tempat rental komik di Kota Bengawan yang memiliki cukup nama di kota yang kini dipimpin oleh Wali Kota Gibran Rakabuming Raka ini, yaitu Persewan Komik Doraemon. Tempat rental komik itu lokasinya berada di Jalan Sukoreno, Kusumodiningratan, Kemlayan, Serengan.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Baca Juga:  Bandar Pelabuhan Kuno di Solo yang Dulunya Disinggahi Kapal Besar

Saking legendarisnya tempat persewaan komik ini, pemilik lapak kerap dipanggil “Mas Doraemon” oleh para pelanggannya. Sebagaimana dijelaskan oleh pengelola akun Instagram @soloinfo dalam unggahannya beberapa tahun yang lalu.

“Persewaan komik ‘Doraemon’, salah satu persewaan komik yang ada sejak tahun 2002 ini mempunyai koleksi 3500 buku. Pada awal berdiri hampir semua anak sekolahan di Solo menjadi membernya, terutama anak2 dari SMP dan SMA sekitar. Tiap hari rental komik ini selalu dipadati oleh membernya, bahkan parkiran sepeda hampir memenuhi jalan,” tulis pengelola akun Instagram @soloinfo yang diperoleh dari @hrwdt.

Baca Juga:  Doa Supaya Mudah Menghafal dan Mengingat Materi Pelajaran

Sebelum tutup pada 2020 lalu, tempat rental komik di Solo ini terbilang cukup eksis dan bisa bertahan dengan gempuran zaman.

“Kenapa rental buku ini bisa bertahan? ‘Mas Doraemon’ bercerita bahwa untuk mempertahankan buku-bukunya dan mencukupi hidupnya dia harus bekerja disebuah konveksi pakaian pada siang hari, dan sore hari mulai jam 18.30 dia kembali membuka rental komiknya meskipun tak ada yang menyewanya,” tambah dia.

Baca Juga:  Pasar Tertua di Solo, Legi atau Gede?

Namun, pada April 2020, pemilik rental komik ini memilih untuk tutup dan menjual semua bukunya. “‘Akan saya jual semuanya. Bulan April 2020 sewa tempat akan habis, kemungkinan semua koleksi komik akan saya jual’, kata Mas Doraemon sambil memegangi lembaran kartu rental yang tampak pudar warnanya,” urai dia.

Kenang Netizen di Tempat Rental Komik Doraemon Solo

Dahulunya, harga sewa di rental komik Doraemon ini terbilang murah, yakni hanya Rp800 dengan waktu sewa 2 hari. Penyewaan komik Doraemon ini ternyata juga mempunyai tempat sendiri bagi netizen yang berkomentar di unggahan @soloinfo.

“Duh aku sering nyewa komik di sini min. Terakhir Naruto sampai lupa sama One Piece sampai seri Water Seven,” komentar salah satu netizen.

Baca Juga: Gegara Video Ini, Ganjar Pranowo Dijuluki Gubernur Halu

“Aku dulu membernya cabang Sragen,” tambah netizen satu lagi.

“Jaman SMP sering nyewa komik di sini,” jelas netizen satu lagi.

Baca Juga:  Baca Berita Espos Plus Bulan Ini, Bakal Dapat Hadiah Menggiurkan Hlo!

Bukan hanya rental komik Doraemon, ada beberapa tempat persewaan komik yang legendaris di Solo. Mengutip dari berbagai sumber, ada Rental Komik Victory yang berlokasi di Jl Surya No. 4, Purwodiningrtan, Jebres.

Kemudian, ada juga Rental Komik Dewi Sri yang berada di Jl Mendungan Baru II No 25, Pabelan, Sukoharjo.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago