SOLOPOS.COM - Lapangan Kampung Sewu Solo (Google).

Solopos.com, SOLO – Lapangan Kampung Sewu yang terletak di Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah memiliki cerita yang menarik. Sayangnya, kini tempat itu tidak terawat dan malah menjadi sarang ular hijau.

Belum lama ini ditemukan 11 ular hijau ekor merah yang sangat berbisa di tempat tersebut. Padahal, sebelumnya lapangan ini sering dipakai sebagai tempat menggelar turnamen sepak bola.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Ketua FPDIP DPRD Solo, Y.F. Sukasno, lapangan Kampung Sewu menjadi lokasi turnamen sepak bola pada 1980 hingga 2004. Bahkan eks Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo sering bermain bola di lapangan itu saat masih muda. Ketika itu Rudy, panggilan akrabnya, menjadi penjaga gawang atau kiper.

“Lapangan Kampung Sewu menyimpan cerita indah saat Pak Rudy masih sering bermain bola saat masih muda. Pak Rudy jadi penjaga gawang,” ujar Sukasno, Senin (8/3/2021).

Baca juga: Kaesang Klarifikasi: Putus dengan Felicia Januari dan Sempat Dimaki-maki

Menurut dia ketika itu Rudy bermain bola sebagai penjaga gawang dalam turnamen resmi, bukan latihan biasa. Selain Rudy ada nama-nama kondang pemain bola Solo yang pernah berlaga dalam turnamen yang digelar di Lapangan Kampung Sewu.

Seperti Hong Widodo, Jafar, Bakdo, Ahmad Sukisno, Eduard Tjong, Agung Setiabudi (eks Kapten Timnas Indonesia di Piala Asia 2004), Sarwoko, Ali, Siho, dan nama lain. Beberapa wasit bersertifikat C1 juga pernah memimpin laga di lapangan itu.

“Lapangan ini sejak tahun 1980 an sampai 2000 an ramai-ramainya digunakan untuk menggelar turnamen sepak bola. Pemain-pemain yang berlaga pun hebat-hebat. Wasit-wasit C1 ada juga seperti Bambang Slameto dan Mbah Hardi,” urai dia.

Baca juga: Sangat Berbisa! 11 Ekor Ular Hijau Ekor Merah Ditemukan Di Lapangan Kampung Sewu Solo

Lapangan Favorit

Sukasno yang juga merupakan wasit bersertifikat C2 mengatakan saat itu lapangan tersebut menjadi favorit para panitia turnamen. Sebab setiap kali digelar turnamen sepak bola di situ selalu penuh sesak dengan penonton.

“Dulu Lapangan Kampung Sewu sangat favorit bersama dengan Lapangan Makam Haji. Tapi untuk wilayah kota, tidak ada yang bisa mengalahkan Lapangan Kampung Sewu. Setiap kali digelar turnamen bola selalu dipenuhi penonton,” urai dia.

Baca juga: 5 Sate Kambing Paling Enak di Solo, Mana Langgananmu?

Seingat Sukasno beberapa klub kondang Soloraya pernah berlaga di Lapangan Kampung Sewu. Mulai dari MARS, THOR, TNH, dan Monas Putra. Ada juga klub-klub seperti Gajah Mungkur Wonogiri, Persipur Purwodadi, hingga klub sepak bola Sragen.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya lapangan itu terbengkalai selama beberapa tahun terakhir. Bahkan pada Minggu (7/3/2021) ditemukan 11 ular hijau ekor merah di area lapangan tersebut di bagian tanggul penonton dan tribun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya