SOLOPOS.COM - Pelatih Bayern Munich Pep Guardiola minta anak buahnya tidak hanya fokus bikin gol. Ist/dok

Leg II Semifinal Liga Champions menjadi laga krusial bagi Bayern Munich. Sang nahkoda Pep Guardiola meminta pasukannya tak cuma fokus untuk menciptakan gol.

Solopos.com, MUNICH—Bayern Munich tak mau hanya terfokus mencetak gol-gol untuk mengejar ketertinggalan telak 0-3 ketika menjamu Barcelona pada leg kedua semifinal Liga Champions di Allianz Arena, Munich, Rabu (13/5/2015) pukul 01.45 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Die Roten, julukan Bayern, menelan kekalahan 0-3 pada leg pertama di Camp Nou, Barcelona, Kamis (7/5/2015) WIB silam. Gawang Bayern yang dikawal Manuel Neuer dibobol Lionel Messi dua kali dan Neymar satu kali. Sementara tim asal Bavaria tersebut gagal membalas satu gol pun ke gawang Blaugrana, julukan Barca.

Alhasil, Bayern harus mencetak banyak gol untuk bisa mengamankan peluang tipis mereka ke partai puncak di Berlin, awal Juni mendatang. Meski demikian, Manajer Bayern, Josep “Pep” Guardiola meminta anak buahnya untuk tidak sekadar fokus dalam serangan dan melupakan pertahanan. Sebab, hal itu bisa berisiko meninggalkan ruang kosong di bagian belakang kepada trisula maut Barca, Messi, Luis Suarez, dan Neymar (MSN) untuk kembali menjebol gawang Neuer.

“Jika kami hanya fokus mencetak gol-gol pada Selasa [Rabu dini hari WIB] nanti maka kami akan kalah seperti saat melawan Real Madrid [pada semifibnal Liga Champions] tahun lalu [Bayern kalah 0-1 di leg pertama dan kalah 0-4 pada leg kedua],” jelas Guardiola, seperti dilansir Yahoosports, Senin (11/5).

Pertemuan melawan Madrid pada semifinal Liga Champions musim lalu rupanya belum hilang dari ingatan Guardiola. Mantan pelatih Barca itu dipaksa tak berkutik 0-1 ketika melawat ke markas Madrid pada leg pertama. Bermaksud mengejar ketertinggalan satu gol di Madrid, Bayern malah dibantai empat gol tanpa balas pada leg kedua di Munich.

“Kami senang apabila bisa lolos ke final, kami sadar kami kalah 0-3 dari tim terbaik dalam 15 tahun terakhir di Eropa. Kami harus bertahan dengan baik. Dibandingkan menyerang, hal pertama adalah bertahan dengan baik dan laga dengan sendirinya yang akan berbicara. Kami harus konsentrasi,” urai Guardiola yang pernah menyumbangkan 14 trofi hanya dalam empat tahun saat melatih Barcelona, seperti dilansir As.

Tanpa duo winger Arjen Robben dan Franck Ribery yang cedera, Guardiola mengakui timnya kesulitan membangun serangan dari bagian sayap. Die Roten, julukan Bayern, pun hanya mengandalkan full-back untuk menyisir dua posisi yang ditinggalkan Robbery, sebutan duet Robben dan Ribery.

Guardiola mengistirahatkan gelandang Xabi Alonso dan Manuel Neuer di bangku cadangan saat pertandingan melawan Augsburg, agar tampil fit saat bertemu Barca. Tapi Neuer akhirnya bermain selama sekitar 70 menit karena kiper Bayern, Pepe Reina, diganjar kartu merah ketika pertandingn baru berjalan sekitar 13 menit.

Sementara Barca akan turun dengan kekuatan penuh setelah menundukkan  Real Sociedad 2-0 di Liga Primera, Sabtu (9/5/2015). Di pos pertahanan, bek Jeremy Mathieu yang absen pada leg pertama karena cedera Achilles kembali masuk skuat yang diboyong ke Munich. Di lini depan, Barca tentu akan menurunkan trio monster gol MSN.

“Tiga penyerang [Messi, Neymar, dan Suarez] yang kami punya sangat spesial, paling spesial yang pernah kami punya,” ujar bek Barca, Dani Alves, yang menilai troi MSN lebih hebat dari trisula Barca sebelumnya Messi, Thierry Henry, dan Samuel Eto’o, seperti dilansir ESPN. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya