SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Lee Kuan Yew meninggal dunia setelah meninggalkan warisan bagi Singapura. Wali Kota di Indonesia diminta meniru Lee.

Solopos.com, JAKARTA — Kepemimpinan bekas Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Kuan Yew diharapkan menjadi contoh pemimpin kota (wali kota) di seluruh Indonesia dalam mewujudkan kota yang cerdas dan menarik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan dalam mengelola sebuah kota yang bersih dan nyaman ditinggali, kepemimpinan lebih penting dibandingkan kemajuan teknologi dan pesatnya industri.

Singapura saat dipimpin Lee Kuan Yew telah membuktikan kepada dunia kalau bicara kota yang cerdas di Asia maka akan bicara negara kota Singapura. Lee telah melakukan hukuman keras kepada siapa saja yang melanggar aturan perkotaan demi mewujudkan kota yang bersih dan nyaman.

“Kota cerdas bukan teknologi bukan hanya industrinya, tetapi disiplin masyarakat dan leadership yang kuat. Kita tahu semua Singapura dibangun, meludah tidak boleh, permen karet dihukum, apa lagi yang lain. Singapura lebih banyak kata tidak daripada kata ya,” kata Jusuf Kalla dalam pidato peluncuran indeks kota cerdas Indonesia 2015 di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (24/3/2015).

Jusuf Kalla menambahkan apabila wali kota terlalu banyak mengatakan “ya”, artinya mempersilakan aneka pembangunan mal ataupun hotel untuk kepentingan komersil dibandingkan tata hijau perkotaan dan lapangan bermain untuk anak. Saat ini, kata JK, banyak izin wali kota puntuk membuat hotel baru dengan syarat mudah asal mampu bayar pajak. Lapangan bola sudah berubah menjadi hotel dan mal.

“Pakailah kata tidak daripada ya. Jadi kontroversi memang. Aturan disiplin harus dihukum jika tidak disiplin, kalau semua orang jualan di pinggir jalan pasti kota itu tidak menarik, pasti kotor,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya