SOLOPOS.COM - Irjen Dwi Priyatno (JIBI/Solopos/Antara/R Rekotomo)

Irjen Dwi Priyatno (JIBI/Solopos/Antara/R Rekotomo)

JAKARTA — Sumber ledakan di DPRD Jateng, Minggu (30/6/2013), diduga berasal dari reaksi kimia karbit yang mengendap di selokan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Outsourcing cleaning service sebelumnya melakukan fungidasi dengan bahan kimia sejenis karbit untuk pembersihan nyamuk dan serangga,” kata seorang sumber tim kontra teror Mabes Polri, Senin (1/7/2013).

Ekspedisi Mudik 2024

Cairan itu, sambungnya, lalu dibuang ke selokan bercampur dengan air sehingga bereaksi dan menimbulkan ledakan-ledakan kecil yang terdengar beruntun.

“Ini keterangan dari petugas di Semarang. Proyek tersebut ditangani oleh PT Feremon atas nama Budi Tri dengan pelaksana Rohman. Pihak PT Feremon masih di periksa unit reskrim Polrestabes Semarang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Dwi Priyatno membenarkan jika sumber ledakan itu diduga dari aktivitas fungidasi.

“Ya, benar begitu,” katanya saat dihubungi.

Ledakan ini sempat membuat panik warga masyarakat. Polisi sampai mengerahkan satu unit mobil penjinak bom Gegana Satbrimob Polda Jateng, tim Inafis Polrestabes Semarang, dan Labforcab Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya