Lebihi Target, Vaksinasi di Boyolali Capai Lebih 50%

Percepatan vaksinasi terus dilakukan di Boyolali dengan pendekatan cukup agresif melalui tim di masing-masing desa.
Lebihi Target, Vaksinasi di Boyolali Capai Lebih 50%
SOLOPOS.COM - Vaksinasi lansia di Desa Bendo, Nogosari, Boyolali. (istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI—Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Boyolali mencapai 58%. Jumlah itu melebihi pencapaian yang ditargetkan di akhir September ini, yakni 50%.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Insan Adi Asmono, mengatakan saat ini percepatan vaksinasi terus dilakukan. Dia menyebutkan Boyolali saat ini sudah melakukan pendekatan cukup agresif melalui tim di masing-masing desa.

Jika sebelumnya ditargetkan untuk akhir bulan ini sebanyak 50%, pencapaian vaksinasi per Senin (27/9/2021) sudah mencapai lebih dari target tersebut. “Vaksinasi sudah masuk 58% semoga akhir bulan lebih dari 60%,” kata dia, Senin.

Baca Juga: Jekek Lanjutkan Program Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Wonogiri

Hingga akhir tahun nanti diharapkan vaksinasi di Kabupaten Boyolali sudah mencapai lebih dari 75%.  Dia mengatakan pada Senin (27/9/2021) juga dilakukan vaksinasi serentak melalui program Grebeg Vaksin Desa di 265 desa di Boyolali. Jumlah sasaran dalam program tersebut adalah 54.100 dosis. Pelaksanaan vaksinasi melalui Grebeg Vaksin Desa, ada yang dilakukan untuk vaksin dosis pertama dan ada yang dosis kedua.

Dia mengatakan program tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan, antara dua sampai tiga hari sekali. Dengan harapan ada jeda hari pelaksanaan bisa memberi kesempatan untuk petugas atau tim vaksinasi beristirahat dan menyelesaikan pendataan. “Semoga berjalan lancar, masyarakat Boyolali segera tervaksin semua,” lanjut dia.

Baca Juga: Uji Petik Swab Antigen di Sekolah Bakal Digelar Rutin Setiap Bulan

 

Pasokan Lancar

Mengenai stok vaksin, Insan mengatakan pasokan vaksin Covid-19 di Boyolali lancar. “Bahkan kami kemarin harus menyediakan tempat tambahan karena jumlah vaksin melimpah. Kami masih menyimpan 100.000 [dosis] lebih,” jelas dia.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, kegiatan vaksinasi terlihat dilakukan di sejumlah desa di Kecamatan Ngemplak dan Sambi. Di Desa Dibal, Kecamatan Ngemplak, digelar vaksinasi untuk dosis kedua kepada masyarakat setempat.

Di Desa Canden, Kecamatan Sambi, vaksinasi dilakukan untuk 250 sasaran. Kepala Desa Canden, Jiyanto, mengatakan sejak terbentuknya tim vaksinasi desa, di Desa Canden sudah melaksanakan vaksinasi sebanyak empat kali. “Pertama menyalurkan 150 dosis, kedua 250 dosis, 350 dosis dan kali ini 250 dosis,” jelas dia, Senin.

Baca Juga: Edarkan Sabu-Sabu, Emak-Emak dengan Tiga Anak Dibekuk

Menurutnya pencapaian vaksinasi di Desa Canden sudah mencapai sekitar 50%. (Bayu Jatmiko Adi)

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago