SOLOPOS.COM - Pengunjung mengamati kopi di kios oleh-oleh Pasar Mama-mama Papua, Jayapura, Papua, Sabtu (23/10/2021).Sebanyak 34 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan dan mitra Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua menggunakan QRIS sebagai sarana pembayaran digital. (Antara/Indrayadi T.H.)

Solopos.com, JAKARTA — Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pengguna QRIS telah mencapai 13 juta merchant hingga November dan telah melebihi target 2021.

“Akseptasi QRIS terus tumbuh positif. Bahkan, perluasan ekosistem QRIS telah melampaui target BI. Tahun 2021 target kita mengakuisisi 12 juta merchant, di November sudah sampai 13 juta pengguna,” kata Kepala Grup Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Retno Ponco Windarti dalam acara Birama yang disiarkan secara daring, Jumat (3/12/2012) seperti dilansir Bisnis.com.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Retno mengungkapkan, pengguna QRIS didominasi oleh pelaku usaha mikro dan kecil. Melalui penggunaan QRIS, BI berharap dapat membantu masyarakat dalam menjalankan usaha di tengah pandemi.

Baca Juga: Konversi Kompor Induksi, Masyarakat Perlu Payung Hukum dan Insentif

“Sekitar 88 persen ini dilakukan usaha mikro dan kecil sehingga diharapkan bisa membantu masyarakat menjalankan usahanya di masa pandemi,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa BI bersama asosiasi tengah melakukan perluasan QRIS hingga keluar negeri dan mulai menerapkan standar open API (SNAP) dalam sistem pembayaran. Hal tersebut merupakan bagian dari penerapan kebijakan BI yang pro growth dengan mendorong digitalisasi sistem pembayaran.

Dalam satu tahun terakhir, pemanfaatan QRIS sebagai kanal pembayaran telah tumbuh 163,5 persen (yoy) atau senilai Rp2,13 triliun.

Baca Juga: Peningkatan Mobilitas di DIY Cukup Tinggi, Inflasi Tetap Terkendali

Penerapan QRIS juga tengah dilakukan uji coba interkoneksi dengan Thai QR Payment dari Thailand. Kedepannya, BI berencana memperluas QRIS ke negara-negara ASEAN seperti Filipina, Malaysia, dan Singapura.

Adapun selain QRIS, digital payment melalui perbankan juga tumbuh cukup tinggi, yakni 60,25 persen (yoy) atau Rp3.469 triliun. Sistem pembayaran digital payment tersebut meliputi mobile banking sebesar Rp693 triliun, internet banking sebesar Rp2.775 triliun, dan phone banking sebesar Rp0,12 triliun.

Selain itu, uang elektronik juga tumbuh tinggi, yakni 43,6 persen atau Rp24,75 triliun. Pertumbuhan tersebut utamanya didorong oleh uang elektronik yang bersifat server based sebesar Rp22,7 triliun dan diikuti dengan chip based sebesar Rp2,06 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya