SOLOPOS.COM - Bendera Monaco sekilas terlihat mirip bendera Indonesia. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Dilihat sekilas mirip, jadi penasaran sebenarnya lebih dulu bendera Indonesia atau Monako ya? Jika dilihat sepintas bendera kedua negara ini memang seperti plek ketiplek sama.

Kesamaan itu bisa dilihat dari pemilihan warna bendera yaitu merah dan putih. Selain itu peletakan kedua warna itu juga sama yaitu warna merah di atas warna putih. Alhasil banyak yang sulit membedakan bendera kedua negara ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Padahal sebenarnya meski terlihat sama, ada perbedaannya loh. Melansir dari worldatlas.com, perbedaan pertama yang paling mendasar adalah dari segi dimensinya rasionya. Bendera Indonesia memiliki rasio lebar dan panjang 2:3, sedangkan Monako memiliki rasio 4:5. Hal ini membuat bendera Indonesia tampak lebih panjang dan ramping dibandingkan dengan bendera Monako. Bendera Monako tampak lebih lebar dan mendekati bentuk persegi.

Baca Juga: Sama-Sama Merah Putih, Ini Perbedaan Bendera Indonesia dan Monako

Setelah mengetahui ada perbedaan, lalu sebenarnya lebih dulu bendera Indonesia atau Monako ya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus melihat sejarahnya terlebih dulu.

Bendera merah putih Monako pertama kali dipatenkan pada 4 April 1881 di masa Pangeran Charles III. Sementara itu, bendera Indonesia secara resmi menjadi bendera negara pada 17 Agustus 1945, tepat pada hari kemerdekaannya.

Monako sempat meminta Indonesia mengubah warna bendera karena merasa mereka lebih dulu menggunakannya. Namun pemerintah Indonesia menolak karena pemilihan warna ini berdasarkan sejarah panjang di masa lalu. Warna merah putih terinspirasi dari bendera Kerajaan Majapahit yang sudah ada jauh sebelum kerajaan Monako terbentuk.

Baca Juga: Bawa Bendera Indonesia di Parade LGBT, Dena Rachman Dikecam

Pada akhirnya Indonesia dan Monako bersepakat terkait persamaan kedua bendera merah putih tersebut. Mereka bersepakat meletakkan dimensi rasio sebagai pembeda paling mendasar antara bendera kedua negara.

Nah setelah terjawab lebih dulu bendera Indonesia atau Monako, berikutnya kalian juga perlu tahu bahwa sebenarnya makna warna merah dan putih di bendera kedua negara ini juga berbeda loh. Merah dalam bendera Indonesia melambangkan warna darah dan simbol keberanian. Sedangkan warna putih melambangkan kesucian.

Baca Juga: Kenapa Bendera Indonesia dan Monako Sama? Begini Sejarahnya

Sementara itu, melansir dari Encylopaedia Britannica (2015), warna merah putih dalam bendera Monako merupakan warna yang identik dengan House of Grimaldi. Grimaldi merupakan sebuah dinasti yang berperan dalam sejarah berdirinya negara Monako.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya