SOLOPOS.COM - Antrean kendaraan bermotor terlihat saat akan melintasi flyover Manahan, Jl. Adisucipto, Solo, Kamis (20/2/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda ternyata separuh dari warga Kota Solo, Jawa Tengah, ternyata memiliki kendaraan pribadi, yakni mobil?

Hal ini berdasarkan data dan informasi yang diperoleh Solopos.com pada situs resmi BPS Jateng yang dikutip pada Kamis, 23 Juni 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari data tersebut disebutkan jumlah mobil di Kota Solo 2021 sebanyak 287.764 unit. Dengan jumlah sebanyak itu, mobil di Kota Solo ternyata terbanyak di Jawa Tengah dibandingkan daerah lainnya.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Kota Solo 522.364 jiwa pada 2020, dapat disebutkan bahwa 50 persen lebih masyarakat Kota Solo memiliki mobil.

Baca Juga:  Solo Jadi Daerah dengan Jumlah Mobil Terbanyak di Jawa Tengah

Separuh lebih masayrakat Solo punya mobil, Kota Solo ternyata diklaim sebagai kota terpadat di Jawa Tengah. Kepala BPS Kota Solo, Totok Tavirijanto mengatakan tingkat kepadatan penduduk di Kota Solo jauh lebih tinggi dibanding Kota Semarang yang merupakan ibu kota provinsi. Maka dari itu, Solo juga ditetapkan sebagai kota terpadat di Jateng.

Tingkat kepadatan penduduk di Kota Semarang hanya 4.424 jiwa per kilometer persegi. Penduduk di Kota Solo juga 10 kali lebih padat jika dibandingkan dengan kepadatan penduduk rata-rata di Jawa Tengah.

Baca Juga: Jadi Ikon Kota Solo, Ini Keistimewaan dari Nasi Liwet

Masih berdasarkan hasil sensus BPS, kepadatan penduduk rata-rata di Jateng hanya 1.113 jiwa per kilometer persegi.

“Kepadatan Solo itu 2,5 kali lipat dari Semarang. Nah, dari total 522.364 jiwa itu, sebanyak 7,99 persen populasi berumur 15-19 tahun. Mereka menjadi penduduk terbanyak di Solo. Kemudian, disusul usia 20-24 tahun sebanyak 7,86 persen. Lalu, usia 40-44 tahun sebanyak 7,74 persen,” kata dia, kepada Solopos.com, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga: Ulang Tahun ke-61, Ini Masa Kecil Jokowi yang Lahir Bernama Mulyono

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya