SOLOPOS.COM - PERSIAPAN PEMONDOKAN -- Dua pekerja menyiapkan kamar di pemondokan haji Indonesia di kawasan Ja'fariyah, Mekkah, Arab Saudi, Selasa (4/10/2011). (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Mekah (Solopos.com) – Jumlah bus yang dikerahkan perusahaan bus milik Pemerintah Arab Saudi, Saptco (Saudi Public Transport Company) untuk mengangkut calon haji Indonesia berkurang dibandingkan tahun lalu. Hal ini lantaran semakin banyak pemondokan haji Indonesia yang berada di dekat Masjidil Haram.

PERSIAPAN PEMONDOKAN -- Dua pekerja menyiapkan kamar di pemondokan haji Indonesia di kawasan Ja'fariyah, Mekkah, Arab Saudi, Selasa (4/10/2011). (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Penanggung Jawab Saptco, Abdul Khatib kepada pers di Mekah, Rabu (5/10/2011) menjelaskan, pihaknya kini menyiapkan 45 bus, tak seperti tahun lalu yang mencapai 125 bus. Hal tersebut disampaikan usai bertemu Kepala Daerah Kerja Mekah Arsyad Hidayat untuk membicarakan segala rencana dan persiapan alat transportasi bagi jamaah Indonesia selama di Mekah. “Turunnya jumlah bus yang disewa pemerintah Indonesia dikarenakan lokasi pemondokan jamaah haji banyak yang makin dekat dengan Masjid Haram. Sesuai ketentuan pemondokan yang diakomodasi dengan bus jaraknya dua kilometer menuju Masjid Haram,” katanya.

Bus-bus tersebut melayani pemondokan yang berada di beberapa titik, yakni Mahbasjin, Ma’abdah, Rei Zakhir, Nakkassah dan Syari Ummul Qura. Total yang bakal dilayani sebanyak 44.237 orang dan akan disediakan 45 bus yang berlangsung selama 24 jam. Jumlah pemondokan yang akan dilayani sebanyak 61 pemondokan dan rasio busnya beda-beda.

Seperti di Mahbasjin ada 27.324 orang yang bakal dilayani 16 bus, rasionya 1.666 per satu bus. Sedangkan di luar Mahbasjin seperti di Ma’abdah disediakan 12 bus yang melayani 7.044 orang, rasionya 600 per satu bus. “Kalau di Mahbasjin aksesnya lebih mudah lewat terowongan, lebih cepat. Beda dengan Ma’abdah,” katanya.

Arsyad Hidayat mengatakan, pelayanan transportasi tersebut hanya dilakukan hanya di daerah-daerah tersebut, di mana jarak pemondokan dengan Masjidil Haram lebih dari dua kilometer. “Para Calhaj yang jarak pemondokannya ke Masjidil Haram kurang dari 2.000 meter, tidak dilayani transportasi,” katanya. Pelayanan itu diberikan pada 11 Oktober hingga 1 November dan dilanjutkan setelah wukuf 10 November hingga 1 Desember.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya