SOLOPOS.COM - Foto udara Pertamina Mandalika International Street Circuit jelang tes pramusim MotoGP di KEK Mandalika, Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (9/2/2022). MotoGP Official Test atau tes pramusim untuk seri balap MotoGP 2022 akan berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari mendatang dan diikuti 24 pebalap dari 12 tim MotoGP yang dipastikan siap tampil di Sirkuit Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/tom.

Solopos.com, LOMBOK – Tes pramusim Moto GP 2022 di Sirkuit Mandalika telah selesai digelar. Secara umum, pelaksanaan tes tersebut berjalan lancar namun ada beberapa sektor yang perlu dibenahi terutama aspal lintasan.

Seperti diketahui, aspal lintasan Sirkuit Mandalika ini didatangkan dari Inggris, utamanya untuk lapisan ketiga atau lapisan paling atas. Aspal itu berjenis Stone Mastic Asphalt (SMA) yang diklaim sebagai salah satu jenis aspal terbaik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Bukan Mandalika, Ini Sirkuit dengan Tikungan Terbanyak di Moto GP 2022

Ekspedisi Mudik 2024

Keunggulan aspal tersebut salah satunya adalah membuat pembalap tidak mudah terjatuh saat balapan dalam kondisi hujan. Kualitas aspal milik Sirkuit Mandalika ini dianggap lebih unggul ketimbang aspal milik Sirkuit Sepang, Malaysia. Pasalnya, aspal jenis SMA ini tergolong baru dan hanya ada beberapa sirkuit yang menggunakan.

Namun, saat digunakan untuk tes pramusim Moto GP 2022, terdapat banyak kritik untuk lintasan Sirkuit Mandalika. Pasalnya, saat tes lintasan Mandalika kotor, berdebu, terdapat krikil, hingga ditemukannya aspal yang terkelupas. Dorna selaku penyelenggara Moto GP pun mengakui hal itu.

“FIM [Federasi balap sepeda motor internasional], yang mengawasi homologasi trek, telah berkomunikasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) soal perbaikan yang dilakukan. Perbaikan akan dilakukan minimal tujuh hari sebelum Pertamina Frand Prix of Indonesia,” demikian pernyataan resmi Dorna seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Foto-Foto Hari Terakhir Tes Pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika

ITDC selaku pengembang dan pemilik sirkuit telah sepakat dengan penilaian dan permintaan dari FIM. Pihaknya pun akan menambah lapisan aspal lintasan Sirkuit Mandalika.

“Seluruh pihak telah bereaksi dengan cepat dan pengerjaan menuju pembenahan tersebut telah mulai dilaksanakan, termasuk pelapisan ulang sebagian dari trek. Sirkuit akan dilapis ulang mulai dari bagian sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5,” kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya