SOLOPOS.COM - Warga berebut menangkap bebek saat Lomba Tangkap Bebek di Pantai Desa Demaan, Jepara, Jateng, Minggu (2/7/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Lebaran 2017 dirayakan warga Demak dengan menggelar kegiatan Syawalan di tepi laut.

Semarangpos.com, JEPARA — Warga Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (2/7/2017), memeriahkan syawalan Lebaran 2017 dengan lomba panjat batang pohon pinang dan lomba tangkap bebek di pinggir laut. Digelar pula lomba balapan karung dengan memakai helm, serta tarik tambang menggunakan sarung

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lomba panjat pinang itu diikuti seluruh kalangan warga Kelurahan Demaan, Kecamatan Jepara. Selain dari kalangan pemuda dan orang tua, anak-anak pun ikut serta. Sedangkan peserta lomba tangkap bebek di tepi laut didominasi anak-anak.

Ekspedisi Mudik 2024

Para peserta lomba panjat pinang harus bekerja sama untuk mencapai puncak batang pinang demi meraih aneka hadiah. Menurut Ketua Panitia Panjat Pinang, Kandir, lomba itu setiap tahun digelar di laut untuk menyambut perayaan Syawalan Lebaran Ketupat 2017.

Alasan menggelar panjat pinang di laut, katanya, karena keterbatasan lahan di darat, sehingga memilih menggelar lomba panjat pinang di laut. Lomba tersebut, kata dia, merupakan inisiatif warga dari Rukun Tetangga (RT) 003 Rukun Warga (RW) 005, Kelurahan Demaan untuk ikut memeriahkan syawalan.

Untuk menggelar perlombaan yang sudah menjadi tradisi tersebut, kata dia, panitia Syawalan di Demak itu hanya mengeluarkan dana Rp4 jutaan yang merupakan hasil swadaya warga serta dukungan dari sejumlah pengusaha mebel maupun ikan di desa setempat.

Meskipun lomba tersebut hanya digelar di tingkat RT, penontonnya cukup banyak karena tidak hanya dari warga desa setempat, melainkan dari warga desa lain juga turut menyaksikan perlombaan tersebut. Bahkan, beberapa warga ada yang menontonnya menggunakan perahu nelayan untuk melihat dari dekat.

Lomba tangkap bebek di laut juga cukup menarik, karena pesertanya didominasi anak-anak. Dari dua ekor bebek yang dilepaskan, hanya satu ekor bebek yang berhasil ditangkap, sedangkan satu ekor bebek berenang ke tengah laut, sehingga tidak bisa ditangkap.

Imam Saputra, salah seorang peserta lomba tangkap bebek mengaku sangat senang bisa ikut dalam lomba tangkap bebek. “Beruntung bisa menangkapnya, karena ada hadiah uang dari panitia,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya