[ X ] CLOSE

LEBARAN 2017: Tiap 8 Jam, 38 Kereta Api Lintasi Klaten

LEBARAN 2017: Tiap 8 Jam, 38 Kereta Api Lintasi Klaten
SOLOPOS.COM - Suasana di perlintasan sebidang tak berpalang di Dukuh Srago, Kelurahan Mojayan, Klaten Tengah, Kamis (22/6/2017). (Cahyadi Kurniawan)

Petugas Linmas Klaten turut menjaga perlintaan kereta api (KA)

Solopos.com, KLATEN—Sebanyak 38 kereta api (KA) per sif atau delapan jam melintas di perlintasan sebidang tak berpalang di Klaten.  Perlintasan itu mulai dijaga personel Perlindungan Masyarakat (Linmas), Rabu (21/6/2017), untuk pengamanan mudik Lebaran 2017.

Petugas jaga perlintasan dari PT KAI, Amanto Sumyang, 35, mengatakan ada 38 KA melintas sepanjang sifnya mulai pukul 06.00 WIB-14.00 WIB atau delapan jam. Jumlah yang hampir sama juga terjadi pada sif-sif lainnya. “Pemantauan penutupan perlintasan bisa dilihat dari jadwal dari PT KAI,” kata Amanto, saat ditemui wartawan di perlintasan sebidang Srago, timur Stasiun Klaten, Kamis (22/6/2017).

Amanto mengatakan arus lau lintas kendaraan bermotor di perlintasan cukup ramai. Untuk pengamanan perjalanan KA, ia dibekali sebuah bendera, peluit, dan senter. “Sejauh ini tidak ada kendala. Semua berlangsung aman dan lancar,” ujar dia.

Hal senada juga disampaikan Sri Widijono, anggota Linmas Kelurahan Mojayan, yang bertugas pagi itu. Menurut dia, kendati arus lalu lintas ramai, situasi berlangsung aman dan lancar. Tak ada kemacetan maupun kecelakaan. “Sejak kemarin [Rabu] saya berjaga di sini aman,” kata Widijono.

Di perlintasan Srago, lanjut Widijono, rawan terjadi kecelakaan yang melibatkan KA dengan sepeda motor. Angka kecelakaan terus menurun seiring dipasangnya sirene di sekitar perlintasan yang menandakan kereta hendak melintas. “Sirene itu sangat membantu mengurangi kecelakaan di sini. Saya tahu persis karena saya juga warga sini,” ujar dia.

Widijono menuturkan dikontrak untuk menjaga perlintasan itu selama sebelas hari mulai 21 Juni hingga 1 Juli mendatang. Untuk kerja selama delapan jam per sif, ia mendapatkan honor sebesar Rp50.000. “Uangnya juga sudah saya terima beberapa hari yang lalu.”

Kepala Satpol PP Klaten, Sugeng Haryanto, mengatakan penjagaan perlintasan sebidang oleh personel Linmas terpantau lancar. Satpol PP meninjau dua perlintasan di Dukuh Srago, Kelurahan Mojayan, dan Dukuh Karangmojo, Kelurahan Ketandan, Klaten Utara. Perlintasan itu dinilai aman untuk dilalui pemudik baik roda dua maupun roda empat. “Alhamdulillah semuanya lancar dan personel Linmas dibantu warga juga bersiaga di perlintasan,” ujar dia.

Sugeng menjelaskan sebanyak 108 personel Linmas Desa disiagakan untuk menjaga perlintasan tak berpalang. Setiap perlintasan dijaga enam personel dengan dua personel per sif.

“Penjagaan ini kan hanya sementara. Ke depan, semoga bisa dibangun palang perlintasan permanen untuk mengamankan perjalanan kereta api dan demi keselamatan pengguna jalan lainnya,” harap Sugeng.

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago