SOLOPOS.COM - Sejumlah sopir dan kondektur angkutan pedesaan (angkudes) sedang menunggu penumpang di Terminal Dhaksinarga, Kecamatan Wonosari. Minggu (2/7/2017) (Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja)

Lebaran 2017, Terminal Dhaksinarga tak seperti tahun lalu.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Jumlah penumpang yang turun di Terminal Dhaksinarga, Kecamatan Wonosari tak seramai pada arus mudik tahun lalu. Hal itu pun dikeluhkan oleh sejumlah pedagang di terminal, dan sopir angkutan pedesaan (angkudes).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : LEBARAN 2017 : Terminal Dhaksinarga Sepi, Pedagang dan Sopir Angkot Mengeluh

Menurut salah seorang pengurus Paguyuban Angkudes, Suroto, sepinya terminal lantaran lokasi terminal yang terlalu jauh dari kota.

Dia menuturkan sejak Terminal Dhaksinarga, pindah dari Desa Baleharjo yang berada di pusat Kota Wonosari, ke Desa Selang tahun 2012 lalu, angkudes semakin terpuruk. Medio 2000 an, mereka masih merasakan ramainya mengangkut pemudik, namun kini tidak lagi.

“Dulu itu saat lebaran seperti saat ini, setiap hari setor (ke pemilik) Rp300.000 masih bisa. Dan sopir masih bisa bawa pulang setiap hari Rp200.000. Tapi saat ini mau setoran Rp100.000 saja sulit,” ujar dia.

Menurutnya kepindahan terminal ke lokasi pinggiran, membuat aktivitas terminal menjadi sepi. Pasalnya ketika bus sampai terminal penumpang sudah banyak yang turun di sejumlah tempat, sehingga angkudes tak lagi mendapatkan penumpang.

Sopir angkudes jurusan Ponjong- Wonosari ini pun mengaku tak bisa berbuat banyak. Setiap hari dirinya dan beberapa sopir lainnya harus berjuang mencari penumpang. “Lebaran tidak lebaran sama saja, tahun ini mau beli sirup saja sulit. Bisa setoran saja sudah cukup,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya