SOLOPOS.COM - Para tamu dari luar negeri bersiap masuk Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di depan Kori Kamandungan, Minggu (2/7/2017). (Ivan Andimuhtarom/JIBI/Solopos)

Lebaran 2017, Keraton Solo menggelar sungkeman mengundang sejumlah tamu dari luar negeri.

Solopos.com, SOLO — Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menggelar sungkeman di Sasana Handrawina, Minggu (2/7/2017) sore. Acara itu digelar untuk menunjukkan bakti kerabat dan abdi dalem kepada Sampeyanndalem Ingkang Sinuhun Sri Susuhunan Paku Buwana (PB) XIII.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara sungkeman tahun ini terasa spesial karena dihadiri tamu dari luar negeri. Acara tersebut juga untuk merayakan ulang tahun ke-69 PB XIII.

Pantauan Solopos.com, para kerabat dan abdi dalem masuk ke dalam keraton melewati dua pintu. Pertama, mereka masuk lewat Kori Kamandungan. Kedua, mereka masuk lewat pintu Sasana Putra.

Para abdi dalem laki-laki mengenakan beskap, jarit, dan belangkon lengkap beserta samir menggantung di leher. Sementara abdi dalem perempuan mengenakan jarit, kebaya dengan sanggul dan samir juga. Mereka masuk Keraton setelah melepas alas kaki.

Personel kepolisian juga terlihat berjaga di sekitar Kori Kamandungan. Selain kerabat dan abdi dalem, menurut informasi, acara itu juga dihadiri tamu undangan dari lima negara.

Mereka datang menggunakan dua bus ukuran sedang dan besar. Beberapa di antaranya berkomunikasi dengan bahasa Mandarin. Mereka juga mengenakan pakaian adat layaknya abdi dalem Keraton.

Setelah melepas sandal di depan Kori Kamandungan, mereka diarahkan masuk ke dalam Keraton. Sekitar pukul 17.30 WIB, pengantar kue dari Toko Roti Ny. Handojo datang membawa dua kue tart susun bertuliskan ucapan selamat ulang tahun ke-69 Sinuhun.

Kue itu dipesan Ling Ling Jo atau Bu Lili. Pada kue itu tertulis Sinuhun berulang tahun pada 28 Juni. Koordinator rombongan, Tomy Kusuma, mengatakan 25 orang dari Tiongkok, Amerika Serikat, dan Kanada datang karena mendapat undangan dari Keraton Kasunanan Surakarta.

Menurutnya, rombongan itu sudah sampai di Solo sejak Sabtu (1/7/2017). “Kami khusus datang untuk hadiri undangan. Baru kali pertama rombongan kemari,” kata dia.

Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Suwandi, mengatakan mengerahkan personel Polsek untuk mengamankan acara. Meski tak mendapat pemberitahuan langsung, menurutnya acara itu sudah diketahui Polresta Solo.

“Pemberitahuan acara ke Polresta,” kata dia saat ditemui wartawan di depan Kori Kamandungan, Minggu.

Salah seorang sentana dalem, K.P. Eddy Wirabhumi, mengatakan para kerabat dan abdi dalem hadir dalam acara yang digelar di Sasana Handrawina. Menurutnya, acara itu adalah acara sungkeman ngabekten kepada Sinuhun PB XIII sekaligus merayakan ulang tahun ke-69 PB XIII.

“Selain kerabat dan abdi dalem, banyak tamu luar negeri yang datang. Mereka antara lain berasal dari Thailand dan Taiwan,” ujarnya saat memberi keterangan kepada wartawan, Minggu malam.

Eddy juga menyatakan ada informasi pemberian gaji kepada para abdi dalem dari berbagai daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya