Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

LEBARAN 2017 : Rumah Sakit di Solo Siap Beri Layanan Gratis untuk Pemudik, Ini Syaratnya

SHARE
LEBARAN 2017 : Rumah Sakit di Solo Siap Beri Layanan Gratis untuk Pemudik, Ini Syaratnya
SOLOPOS.COM - Ilustrasi rumah sakit (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Lebaran 2017, rumah sakit di Solo siap memberi layanan gratis kepada pemudik.

Solopos.com, SOLO — Sejumlah rumah sakit (RS) di Kota Bengawan siap memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada para pemudik selama 24 jam penuh. Syaratnya, pemudik harus menunjukkan kartu kepesertaan program jaminan sosial.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Pejabat Humas RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Betty Andriani, mengingatkan masyarakat jangan sampai lupa membawa kartu kepesertaan JKN-KIS, seperti KIS, Askes, BPJS Kesehatan, KJS, dan Jamkesmas saat hendak melakukan perjalanan mudik. Jika setibanya di tempat tujuan ternyata mengalami sakit, para pemudik tidak perlu khawatir.

Dengan membawa kartu kepesertaan JKN-KIS, pemudik dapat langsung mengakses layanan kesehatan ke IGD rumah sakit mana saja yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. “Kami selalu mendukung program pemerintah. Pemudik bisa langsung mengakses layanan kesehatan di IGD RS PKU Muhammadiyah Solo tanpa harus terlebih dahulu mendaftarkan diri ke faskes [fasilitas kesehatan] tingkat pertama. Pemudik otomatis tidak akan dikenai biaya berobat jika datang dengan menunjukkan kartu kepesertaan JKN-KIS,” kata Betty saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (21/6/2017).

Betty menyampaikan layanan Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan tersebut hanya berlaku mulai 19 Juni hingga 2 Juli mendatang. Dia memastikan selama masa libur Lebaran tersebut, tetap ada dokter yang siap memberikan pelayanan atau melakukan penanganan kesehatan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Betty menambahkan semua kamar rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta juga tetap akan difungsikan selama libur Lebaran. Hanya poliklinik yang tutup tiga hari mulai Minggu-Selasa (25-27/6/2017).

Pejabat Humas dan Marketing RS Brayat Minulya Solo, Brigitta Adventa F., menuturkan RS Brayat Minulya juga siap memberikan pelayanan khusus kepada pemudik. RS di Jl. Setiabudi atau tidak jauh dari Terminal Tipe A Tirtonadi Solo tersebut bakal memberikan layanan kesehatan selama masa libur Lebaran sama seperti hari biasanya.

Dia menyebut masa cuti bersama libur Lebaran tidak berlaku di RS Brayat Minulya. Gitta mempersilakan pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa datang ke RS Brayat Minulya.

“Sampai saat ini kami belum menerima pasien dari kalangan pemudik. Artinya, belum ada penanganan terhadap pasien luar kota Solo yang memanfaatkan layanan khusus dari BPJS Kesehatan. Jika ada pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan, akan kami tangani di IGD. Dokter semuanya stand by seperti hari biasa. Jika yang berobat adalah orang Solo, mereka tetap harus menggunakan surat rujukan faskes tingkat pertama. Berbeda jika yang datang adalah pemudik atau orang luar kota,” ujar Gitta.

Kepala BPJS Cabang Utama Solo, Agus Purwono, mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik terlebih dahulu memastikan kartu kepesertaan JKN-KIS masing-masing aktif atau tidak. Cek status aktif kepesertaan bisa melalui website www.bpjs-kesehatan.go.id dengan cara memilih menu “Cek Iuran Peserta”.

Selain itu, lanjut Agus, khusus bagi peserta PBPU/mandiri, bisa mengecek status aktif kepesertaan dengan memanfaatkan aplikasi “BPJS Kesehatan Mobile” yang perlu terlebih dahulu diunduh lewat Google Play Store.

BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan care center berupa nomor telepon 1500 400 yang bisa dihubungi sewaktu-waktu oleh siapa saja yang membutuhkan informasi mengenai layanan BPJS Kesehatan.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode