SOLOPOS.COM - Salah satu warga menunjukkan satu paket uang baru dengan berbagai pecahan seusai menukarkan uang di kas keliling Bank Indonesia di Pasar Kranggan, Kamis (22/6/2017). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Total penarikan uang di Bank Indonesia oleh bank umum (outflow) selama periode Mei dan Juni 2017 kemarin tercapai 70%

 
Harianjogja.com, JOGJA-Total penarikan uang di Bank Indonesia oleh bank umum (outflow) selama periode Mei dan Juni 2017 kemarin tercapai 70% dari prediksi Rp7,9 triliun. Kebanyakan uang terserap untuk belanja dan wisata.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelumnya, bank sudah menghitung kebutuhan uang selama periode Ramadan dan Lebaran mencapai Rp7,9 triliun tetapi proyeksi tersebut tidak terpenuhi.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY Budi Hanoto menyampaikan, selama Mei dan Juni 2017 kemarin, bank sudah menarik uang di Bank Indonesia sebanyak Rp5,574 triliun atau tercapai 70% dari proyeksi sebelumnya Rp7,9 triliun.

Sementara itu khusus penarikan bank selama Ramadan (29 Mei- 22 Juni) sebanyak Rp4,178 triliun. “Sedangkan penarikan bank pada 2016 adalah Rp3,838 triliun sehingga naik 8,8 persen dibandingkan tahun lalu,” katanya pada Harianjogja.com, Selasa (4/7/2017).

Jika dilihat dari jumlah penarikan bank, menurutnya masih dalam batas wajar. Dimungkinkan hal itu karena libur berlangsung panjang dan bisa pula karena masyarakat sudah menarik kas sebelum datang ke Jogja.

“Juga, masyarakat sekarang boleh jadi makin nyaman dengan transaksi non tunai,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya