SOLOPOS.COM - Jemaah An Nadzir Gowa (JIBI/Solopos/Antara/Sahrul Manda Tingkupadang)

Jemaah An Nadzir dan Tarekat Naqsabandiyah meyakini 1 Syawal jatuh pada Sabtu (24/7/2017).

Solopos.com, SOLO – Hari ini, Sabtu (24/6/2017), Jemaah An Nadzir di Gowa, Sulawesi Selatan, dan jamaah Tarekat Naqsabandiyah, Padang, Sumatra Barat, melaksanakan salat Idul Fitri 1438 Hijriah. Kedua kelompok jemaah itu berkeyakinan 1 syawal jatuh pada hari ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Antara, Sabtu, Jemaah An Nadzir melaksanakan shalat Id di Lapangan Desa Mawang, Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Sejak subuh, anggota jamaah itu berbondong-bondong menuju lapangan, para lelaki menggunakan jubah pakaian berwarna hitam dengan sorban di kepala.

Ekspedisi Mudik 2024

Mereka setiap tahun menetapkan tanggal 1 Syawal berdasarkan perhitungan bulan dan tanda-tanda alam seperti pasang surut air laut, tidak mengikuti penetapan awal Syawal pemerintah.

“Sesuai dengan tanda-tanda alam, maka kami menyakini 1 Syawal jatuh pada hari ini, dan tentu kami berlebaran serta melaksanakan shalat Id di lapangan,” kata pemimpin jamaah An Nadzir, Ustaz Lukman.

Sedangkan ratusan jemaah Tarekat Naqsabandiyah memenuhi Musala Baitul Makmur di Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat, untuk melaksanakan shalat Idul Fitri 1438 Hijriah, Sabtu.

Jamaah sudah berdatangan ke musala sejak pukul 06.30 WIB dan mulai melaksanakan shalat tepat pukul 08.00 WIB dipimpin oleh imam besar mereka, Syafri Malin Mudo.

Dalam tausyiahnya yang disampaikan menggunakan bahasa Arab, Syafri memaparkan pentingnya Idul Fitri untuk kesatuan orang Islam.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Japeri Jarap meminta kepada masyarakat untuk menghormati komunitas yang merayakan Idul Fitri lebih awal. “Tentunya ada yang berlebaran Sabtu, dan Minggu, semuanya umat muslim kita perlu menghormatinya,” katanya.

Pemerintah bersama organisasi kemasyarakatan Islam menurut rencana akan melaksanakan sidang isbat setelah pemantauan hilal pada Sabtu petang untuk menentukan tanggal 1 Syawal 1438 Hijriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya