SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemudik Lebaran tiba kembali di Jakarta dengan kereta api kelas Ekonomi. (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Lebaran 2017 ada penambahan angkutan untuk pesawat dan kereta

Harianjogja.com, JOGJA — Jumlah pemudik yang datang ke Jogja naik signifikan. Hal ini tampak pada penambahan sejumlah armada angkutan, naik kereta api maupun pesawat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

General Manager PT Angkasa Pura I, Agus Pandu Purnama mengungkapkan menghadapi masa angkutan Lebaran 2017, Kementerian Perhubungan telah menyetujui 21 penerbangan ekstra di Bandara Adisutjipto.

Baca Juga : LEBARAN 2017 : Total 21 Penerbangan Tambahan untuk Bandara Adisutjipto
Penambahan jam operasional akan berlaku secara permanen. Pandu menambahkan dengan adanya penambahan penerbangan dipastikan jumlah penumpang akan mengalami kenaikan yang signifikan. Dia mengungkapkan pada puncak arus mudik tahun sebelumnya mencapai 24.000 penumpang per hari.

“Dulu extra flight hanya diberi lima penerbangan saja. Tahun ini berkali-kali lipat. Prediksi saya peak per hari bisa sampai 30.000 penumpang,” imbuh Pandu, Sabtu (10/6/2017).

Sementara itu, angkutan mudik yang diangkut kereta api diprediksi mengalami kenaikan sekitar 2%. Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6, Eko Budiyanto mengungkapkan armada tambahan untuk menghadapi masa angkutan mudik Lebaran 2017 telah disiapkan tujuh kereta api tambahan. Sedangkan kereta api reguler yang tersedia yakni sebanyak 20 kereta dengan 9.992 kursi.

“KA tambahan yang ada tersedia 3.154 kursi per hari. Jadi total kursi yang tersedia yakni sebanyak 13.146 kursi per hari,” ungkap Eko.

Berdasarkan penambahan kereta api, Eko mengungkapkan peningkatan jumlah penumpang pada masa angkutan Lebaran tahun ini mengalami peningkatan. Pada masa angkutan Lebaran 2016, jumlah penumpang yang diangkut mencapai 616.692 orang. Sedangkan tahun ini, diprediksi jumlah penumpang yang diangkut mencapai 622.900 orang.

“Naik sekitar dua persen. Kemungkinan akan bertambah karena nantinya akan ada tambahan KA lagi, yakni kalau kereta api pesanan Inka selesai,” imbuh Eko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya